Kode Dokumen :
0005/PASCA-T-EKON/2023
Penulis Utama :
RISKY OCTAVIANIS
NIM Penulis Utama:
20070925001
Tahun :
2023
Judul ID :
Pengembangan E-Modul Berbasis IT dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Sunan Giri Menganti.
Judul EN :
Development of IT-Based E-Modules with Problem Based
Learning (PBL) Models to Improve Learning Outcomes in Archives Subjects at SMK
Sunan Giri Menganti.
Sumber :
UNESA -
Fakultas Pascasarjana -
Jurusan S2 Pendidikan Ekonomi -
20070925001 -
2023
Jenis Dokumen :
Tesis
Abstrak ID :
Kata Kunci: E-modul
Kearsipan berbasis IT, Model Problem Based Learning (PBL).
Penelitian pengembangan bahan ajar
berupa e-modul berbasis IT dengan model Problem
Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran
kearsipan di SMK Sunan Giri Menganti ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses
pengembangan e-modul, kelayakan e-modul kearsipan berdasarkan validasi para
ahli untuk menilai komponen kelayakan materi, bahasa, dan grafis, serta respon
peserta didik terhadap e-modul kearsipan, keefektifan e-modul kearsipan melalui
hasil nilai pretest-posttest dan kepraktisan dari e-modul kearsipan yang
digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap
yaitu analysis, design, development,
implementation, dan evaluation . Subjek
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X OTKP di SMK Sunan Giri
Menganti dan objek yang dikembangkan adalah bahan ajar berupa e-modul berbasis
IT dengan model PBL pada mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP disemester
genap. Hasil
validasi para ahli menunjukkan kelayakan materi sebesar 88% dengan kategori
sangat layak, kelayakan bahasa sebesar 97% dengan kategori sangat layak, dan
kelayakan grafis sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik
sebesar 98% dalam kategori sangat layak, keefektifan yang diperoleh dari nilai
rata-rata yang dihasilkan dengan menggunakan perhitungan N-Gain Score pada
kelompok eksperimen yaitu sebesar 0,84 dengan kategori tinggi yang ditafsirkan
efektif dan kelompok kontrol yaitu sebesar 0,41 dengan kategori sedang yang
ditafsirkan kurang efektif. Kepraktisan e-modul yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran kearsipan diperoleh sebesar 96% dengan kategori sangat praktis.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis IT dengan model PBL untuk
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan layak digunakan dalam
pembelajaran kearsipan di kelas X OTKP SMK Sunan Giri Menganti.
Abstrak EN :
Keywords: IT-based Archiving E-module, Problem Based Learning (PBL) Model . Research on the development of teaching materials in the form of IT-based e-modules with the Problem Based Learning (PBL) model to improve learning outcomes in archival subjects at Sunan Giri Menganti Vocational School aims to describe the e-module development process, the feasibility of archival e-modules based on expert validation to assess the feasibility components of material, language, and graphics, as well as students' responses to the archiving e-module, the effectiveness of the archiving e-module through the results of the pretest-posttest scores and the practicality of the archiving e-module used in learning activities. The development model used in this study is the ADDIE development model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects in this study were students of class X OTKP at SMK Sunan Giri Menganti and the objects developed were teaching materials in the form of IT-based e-modules with the PBL model in archiving class X OTKP in even semester. The
results of the expert validation showed that the material feasibility was 88%
in the very feasible category, the language feasibility was 97% in the very
feasible category, and the graphic feasibility was 96% in the very feasible
category. The student response was 98% in the very feasible category, the
effectiveness obtained from the average value generated using the N-Gain Score
calculation in the experimental group was 0.84 with a high category which was
interpreted as effective and the control group was 0.41 with the moderate
category which is interpreted as less effective. The practicality of the
e-module used in archival learning activities was obtained at 96% in the very
practical category. So it can be concluded that IT-based e-modules with the PBL
model to improve learning outcomes in archiving subjects are appropriate for
use in archiving learning in class X OTKP SMK Sunan Giri Menganti.