PENGARUH JOYFULL LEARNING DENGAN MEDIA GELAS PIRAMIDA TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 10 SURABAYA
THE INFLUENCE OF JOYFULL LEARNING USING PYRAMID GLASS MEDIA ON INTEREST IN LEARNING HISTORY AT SMA NEGERI 10 SURABAYA
Kondisi ideal dalam proses pembelajaran seharusnya dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan media pembelajaran yang menarik. Selain itu dalam pembelajaran sejarah minat belajar sejarah perlu ditingkatkan agar peserta didik mudah memahami pembelajaran sejarah. Peserta didik perlu diberikan pengalaman belajar secara langsung melalui media pembelajaran yang bisa mengajak mereka berinteraksi dan berperan aktif dalam pembelajaran seperti melakukan kegiatan belajar sambil bermain sehingga peserta didik akan tertarik untuk belajar sejarah dan pembelajaran sejarah akan terasa lebih menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran sejarah di SMA Negeri 10 Surabaya masih kurang bervariasi atau monoton begitupula rendahnya minat belajar sejarah sehingga pembelajaran sejarah selalu dianggap membosankan oleh peserta didik. Melihat fenomena tersebut, solusi yang ingin ditawarkan oleh peneliti yaitu melalui penggunaan Joyfull Learning dengan Media Gelas Piramida agar dapat menjadikan proses pembelajaran sejarah lebih menyenangkan dan bermakna.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Shot Case Study. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket respon penggunaan media Joyfull Learning, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan penilaian lembar kerja peserta didik. Penggunaan Joyfull Learning dengan Media Gelas Piramida dilakukan pada kelas X-I yang berjumlah 37 peserta didik, penentuan sampel ini didasari oleh hasil tes pada seluruh populasi kelas X yang dipilih dari rata-rata nilai kelas paling rendah karena dianggap memiliki minat belajar sejarah paling rendah. Teknik analisis data menggunakan rangkaian uji statistik dimulai dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada instrumen yang akan digunakan penelitian untuk memastikan bahwa instrumen yang digunakan sudah valid dan reliabel. Setelah peneliti mengumpulkan data dilakukan uji normalitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas sebagai syarat agar dapat dilakukan uji regresi linier sederhana. Setelah dilakukan pengujian peneliti dapat mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel X Joyfull Learning dengan Media Gelas Piramida penelitian terhadap variabel Y Minat Belajar Sejarah. Respon peserta didik terhadap media dapat diketahui melalui angket respon penggunaan media Joyfull Learning dan diperkuat dengan hasil wawancara dengan peserta didik.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh dan respon penggunaan Joyfull Learning dengan Media Gelas Piramida terhadap Minat Belajar Sejarah yang dilakukan di di SMA Negeri 10 Surabaya. Hasil penelitian berdasarkan analisis angket respon penggunaan media Joyfull Learning memperoleh prosentase sebesar 87%, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95%, penilaian lembar kerja peserta didik sebesar 90% menunjukkan kategori Sangat Baik artinya respon peserta didik sangat positif terhadap penggunaan media Joyfull Learning. Hasil uji regresi linier sederhana dengan membandingkan antara nilai Thitung 9.370 ≥ Ttabel 2.030 menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Ha diterima dengan hasil koefisien korelasi Product Moment yaitu sebesar 0,846 dengan taraf signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka hubungan antara dua variabel bersifat sangat kuat dan signifikan. Besar pengaruh dapat dibuktikan dari hasil koefisien determinasi R Square pada tabel Summary sebesar 0,715 atau sebesar 75,5%, artinya Joyfull Learning dengan Media Gelas Piramida berpengaruh Sangat Kuat terhadap Minat Belajar Sejarah peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Hasil wawancara menunjukkan bahwa respon peserta didik sangat positif, peserta didik mengungkapkan bahwa belajar sejarah dengan Media Joyfull Learning dengan Gelas Piramida terasa lebih menyenangkan dan seru, membuat pelajaran sejarah lebih menarik dan mudah dipahami, merasa antusias dan bersemangat untuk belajar dan mencari informasi, serta lebih fokus terhadap pelajaran sejarah.
Kata Kunci: Joyfull Learning, Media Gelas Piramida, Minat Belajar Sejarah.
Ideal conditions in the learning process should be able to create a pleasant learning environment with interesting learning media. Apart from that, in history learning, interest in learning history needs to be increased so that students can easily understand history learning. Students need to be given direct learning experiences through learning media that can invite them to interact and play an active role in learning, such as carrying out learning activities while playing so that students will be interested in learning history and learning history will feel more fun. The use of history learning media at SMA Negeri 10 Surabaya is still not varied or monotonous, as is the low interest in learning history so that learning history is always considered boring by students. Seeing this phenomenon, the solution that researchers want to offer is through the use of Joyfull Learning with Pyramid Glass Media in order to make the history learning process more fun and meaningful.
This research uses quantitative methods with Pre-Experimental Design in the form of a One-Shot Case Study. Data collection techniques in this research used response questionnaires for using Joyfull Learning media, learning implementation sheets, and interviews. The use of Joyfull Learning with Pyramid Glass Media was carried out in class X-I, totaling 37 students. The determination of this sample was based on test results on the entire class The data analysis technique uses a series of statistical tests starting with carrying out validity and reliability tests on the instruments that will be used in the research to ensure that the instruments used are valid and reliable. After the researcher collected the data, a normality test, linearity test and heteroscedasticity test were carried out as a requirement so that a simple linear regression test could be carried out. After testing, the researcher was able to find out how much influence the variable X Joyfull Learning and Glass Pyramid Media had on the variable Y Interest in Learning History. Students' responses to the media can be known through a response questionnaire for using Joyfull Learning media and strengthened by the results of interviews with students.
This research discusses the influence and response to the use of Joyfull Learning with Pyramid Glass Media on Interest in Learning History carried out at SMA Negeri 10 Surabaya. The research results based on questionnaire analysis of responses to the use of Joyfull Learning media obtained a percentage of 87%, learning implementation was 95%, assessment of student worksheets was 90% showing the Very Good category, meaning that students' responses were very positive towards the use of Joyfull Learning media. The results of a simple linear regression test by comparing the value of Tcount 9,370 ≥ Ttable 2,030 show that there is a relationship between the two variables, so it is concluded that Ha is accepted and H0 is rejected. Ha is accepted with the Product Moment correlation coefficient being 0.846 with a significance level of 0.000 ≤ 0.05, so the relationship between the two variables is very strong and significant. The magnitude of the influence can be proven from the results of the R Square coefficient of determination in the Summary table of 0.715 or 75.5%, meaning that Joyfull Learning with Pyramid Glass Media has a very strong influence on students' interest in learning history in history learning. The results of the interviews showed that the students' responses were very positive, students revealed that learning history with Joyfull Learning Media with Pyramid Glasses felt more fun and exciting, made history lessons more interesting and easier to understand, felt enthusiastic and enthusiastic about learning and looking for information, and more focus on history lessons.
Keywords: Joyfull Learning, Pyramid Glass Media, Interest in Learning History.