Lail, Finda Rahmatul .
2023. Efektivitas Model Pembelajaran Problem
Based Learning Dan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan
Berkomunikasi Siswa Kelas Vii Mtsn 4 Tulungagung. Tesis , Program Studi
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Harmanto, M.Pd., dan (II) Dr. Wisnu, M.Hum.
Kata-kata Kunci : Model Pembelajaran PBL, Model Pembelajaran
STAD, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berkomunikasi.
Berdasarkan
pengamatan yang dilakukan pada siswa MTs N 4 Tulungagung, terdapat permasalahan
yang dialami oleh siswa yaitu kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi yang
masih rendah. Hal tersebut disebabkan karen model pembelajaran yang digunakan
masih berpusat pada guru (teacher center ) yang membuat siswa yang
kesulitan untuk memahami apa yang dijelaskan guru dan pasif saat proses
pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS
diantaranya adalah model pembelajaran Problem Based Learning dan model
pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division .
Penelitian ini
bertujuan untuk 1) Menganalisis efektifitas model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dan model pembelajaran Student Team Achievement Division
(STAD) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs N 4
Tulungagung pada materi potensi sumber daya alam dan kemaritiman Indonesia, 2)
Menganalisis efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam
meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas VII MTs N 4 Tulungagung pada
materi potensi sumber daya alam dan kemaritiman Indonesia.
Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Jenis penelitian ini adalah pretest-posttest
control group design. Kelompok dalam desain penelitian ini dibagi menjadi 2
yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran
Poblem based learning dan kelompok kontrol yang diberi perlakuan model
pembelajaran Student team achievement division. Teknik pengumpulan data (instrumen) yang digunakan
adalah tes
tulis dan observasi.
Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Model pembelajaran PBL lebih efektif
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPS kelas VII MTs N 4 Tulungagung
2) Model pembelajaran PBL lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan
berkomunikasi IPS kelas VII MTs N 4 Tulungagung.
Penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran
IPS siswa kelas VII MTs N 4 Tulungagung yang ditunjukkan dengan hasil uji Independet Samples T-test yaitu nilai thitung
= 3,118 dan nilai ttabel 2,001, sehingga diperoleh thitung = 3,118 > ttabel
= 2,001 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Perolehan
rata-rata data kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol
mempunyai selisih rata-rata nilai posttest
yang cukup jauh yaitu 76,67 dan
71,20. Nilai n- gain kelas eksperimen sebesar 0,566 termasuk dalam kriteria
sedang dan nilai n-gain kelas kontrol sebesar 0,480 termasuk dalam kriteria
sedang. Berdasarkan hasil pretest dan
posttest dengan perhitungan tersebut
menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen dengan penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis lebih tinggi dibandingkan
kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe STAD. Penerapan Model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
terbukti efektif terhadap kemampuan berkomunikasi dalam pembelajaran IPS
siswa kelas VII MTs N 4 Tulungagung yang ditunjukkan dengan hasil uji Independet Samples T-test yaitu nilai thitung
= 2,499 dan nilai ttabel 2,001, sehingga diperoleh thitung = 2,499 > ttabel
= 2,001 maka H0 diterima dan Ha ditolak.