Augmented Reality Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Komunikasi Sosial Anak Dengan Spektrum Autis
Era 4.0 Teknlogi digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran komunikasi sosial pada anak dengan spektrum autis, salah satunya augmented reality. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan augmented reality berbasis digital dalam pembelajaran komunikasi sosial anak dengan spektrum autis. Metode penelitian yang digunakan melalui kajian literatur yang bersumber dari artikel jurnal internasional dan nasional yang ada di Google Scholar, Research Gate, Semantic Scholar, Science Direct, dan SINTA sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian literatur, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian penelitian ini menunjukkan bahwa augmented reality berbasis digital melalui video mengenal benda-benda di sekitar menggunakan smartphone dengan prosedur : (1) Membuka aplikasi dan mengarahkan layar pada anak, (2) Muncul gambar benda dalam bentuk 3D dan video singkat seseorang mengajak berdialog anak terkait ciri-ciri benda yang ditampilkan, (3) Pemberian reinforcement, (4) Pengulangan, (5) Penilaian autentik. Simpulan penelitian ini bahwa, augmented reality berbasis digital dalam bentuk video pembelajaran komunikasi sosial berpotensi untuk membelajarkan anak dengan spektrum autis.
Kata Kunci: augmented reality, komunikasi sosial, anak dengan spketrum autis.
Era 4.0 Digital technology that can be used in learning social communication for children with the autistic spectrum, one of which is augmented reality. The purpose of this study is to describe digital-based augmented reality in learning social communication for children with autism spectrum. The research method used is through literature review sourced from international and national journal articles in Google Scholar, Research Gate, Semantic Scholar, Science Direct, and SINTA as a data collection technique. The data analysis technique is done by reducing, presenting literature, and drawing conclusions. Based on the results of this research study, it shows that digital-based augmented reality through video recognizes objects around using a smartphone with the following procedures: (1) Opening the application and directing the screen at the child, (2) Showing pictures of objects in 3D and a short video of someone inviting a dialogue. children related to the characteristics of objects displayed, (3) Giving reinforcement, (4) Repetition, (5) Authentic assessment. The conclusion of this study is that digital-based augmented reality in the form of social communication learning videos has the potential to teach children with the autistim spectrum.
Keywords: augmented reality, social communication, children with autism spectrum.