THE APPLICATION OF COLORED LIGHTING TECHNIQUE IN FASHION PHOTOGRAPHY FOR VISICI T-SHIRT PROMOTION MEDIA
Perkembangan teknologi internet khususnya sosial media memberikan pengaruh yang besar terhadap perusahaan garmen (perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan pakaian). Perusahaan berusaha menciptakan branding dan strategi promosi untuk membantu meningkatkan nilai jual produk, salah satunya adalah melalui media foto produk berupa campaign promosi. Dalam konteks ini fotografi fesyen adalah genre fotografi yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk pakaian kepada khalayak ramai. Perancangan fotografi fesyen dengan teknik colored lighting pada kaos VISICI ini dibuat sebagai penyegaran pada visual katalog pada media sosial yang sudah ada. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan alur perancangan design thinking gagasan David Kelley dan Tim Brown yang terdiri dari tahap emphatize, define, ideate, prototype, dan test, hingga menghasilkan karya foto dengan tema colorful imagery yang menampilkan model menggunakan kaos VISICI. Hasil karya yang dibuat diharapkan dapat menjadi upaya menciptakan campaign promosi karena menampilkan konsep dan tema yang berbeda dari sebelumnya.
Kata Kunci: Fesyen, fotografi, media promosi.
The development of internet technology, especially social media, has a great influence on garment companies (companies engaged in textiles and clothing). The company tries to create branding and promotional strategies to help increase product selling value, one of which is through product photo media in the form of promotional campaigns. In this context, fashion photography is a genre of photography that can be used to introduce clothing products to the general public. The design of fashion photography using the colored lighting technique on the VISICI T-shirt was made as a refresher on the visual catalog on existing social media. The research method used is qualitative research and uses the design thinking flow of the ideas of David Kelley and Tim Brown which consists of the empathize, define, ideate, prototype, and test stages, to produce photo works with the theme of colorful imagery featuring models using VISICI t-shirts. The work created is expected to be an effort to create a promotional campaign because it displays different concepts and themes from before.
Keywords: Fashion, photography, promotional media.