Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X MP 1 di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan ini menggunakan teknik penyebaran angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas X MP 1 dan 2 sumber lainnya sebagai triangulasi sumber yaitu guru manajemen perkantoran, dan bagian kurikulum SMKN 1 Boyolangu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) persepsi peserta didik terhadap model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X MP 1 yaitu dapat berjalan dengan baik dan mendapat persepsi yang positif sesuai dengan apa yang diharapkan oleh SMKN 1 Boyolangu Tulungagung terkusus guru mata pelajaran Administrasi Umum; 2) dapat diketahui juga dari hasil data persentase angket respon siswa menunjukkan hasil positif yang dapat dikategorikan kriteria sangat setuju yaitu dengan interpretasi skor rata-rata 81,6%. Dengan demikian bisa disimpulkan terkait bahwa persepsi siswa dengan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X MP 1 di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dapat dinyatakan diaplikasikan yang bagus sesuai apa yang diharapkan oleh peneliti.
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Model Pembelajaran Talking Stick.
The study aims to determine students' perceptions of the talking stick learning model in General Administration subjects in class X MP 1 at SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. This research was conducted at SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung academic year 2018/2019. This type of research is descriptive qualitative. Data were collected using questionnaire distribution techniques, interviews, observations, documentation. The subjects in this study were the perceptions of class X MP 1 students, and 2 other sources as a triangulation of sources namely office management teachers, and the curriculum section of SMKN 1 Boyolangu.The results showed that: 1) students' perceptions of the talking stick learning model in General Administration class X MP 1 subjects were able to run well and get positive perceptions as expected by SMKN 1 Boyolangu Tulungagung especially teachers in General Administration subjects; 2) it can also be seen from the results of the percentage of students' questionnaire responses that showed positive results that can be categorized as very agree criteria with an average score of 81,6% interpretation. Thus it can be concluded that students' perceptions of the talking stick learning model in the General Administration class X MP 1 in SMKN 1 Boyolangu Tulungagung can be stated to be implemented well and as expected.
Keywords: Student Perception, Talking Stick Learning Model.