IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA
IMPLEMENTATION OF A GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS' SCIENCE LITERACY SKILLS
Keterampilan literasi sains siswa merupakan keterampilan yang penting untuk dimiliki pada abad ke-21 ini, karena dapat melatih individu untuk siap berpartisipasi dalam masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sains. Pembelajaran dengan model guided inquiry dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dan kreatif, karena siswa dituntut untuk mencari jawaban dari pertanyaan permasalahan dengan prosedur yang mereka buat sendiri. Oleh karena itu, salah satu cara meningkatkan keterampilan literasi sains adalah dengan mengimlementasikan pembelajaran yang memberikan pemahaman bermakna bagi siswa serta pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan keterampilan literasi sains siswa, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model guided inquiry pada materi tekanan zat cair. Penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah subjek sebanyak 17 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan literasi sains dengan nilai N-gain 0,73 pada kriteria tinggi. Selain itu, hasil uji-t berpasangan menunjukkan nilai sig 0,000 yang artinya, terdapat peningkatan yang signifikan keterampilan literasi sains siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran guided inquiry. Hal ini didukung persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh tiga pengamat pada aktivitas guru yaitu 96%, 98%, dan 98%. Selain itu, persentase keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa oleh tiga pengamat memeroleh hasil yang sama yaitu 98%. Respons siswa terhadap pembelajaran dengan model guided inquiry juga menunjukkan hasil sangat baik bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan keterampilan literasi sains siswa dengan persentase 84,56%.
Students' scientific literacy skills are important skills to have in the 21st century, because they can train individuals to be ready to participate in society to solve problems related to science. Learning using the guided inquiry model can train students to think critically and creatively, because students are required to find answers to problem questions using procedures they create themselves. Therefore, one way to improve scientific literacy skills is to implement learning that provides meaningful understanding for students and student-oriented learning. The aim of this research is to describe students' scientific literacy skills, describe the implementation of learning, and students' responses to learning using the guided inquiry model on liquid pressure material. This research used a One-Group Pretest-Posttest Design with a total of 17 students as subjects. The results of data analysis show that the implementation of the guided inquiry learning model can improve scientific literacy skills with an N-gain value of 0.73 on the high criteria. Apart from that, the results of the paired t-test showed a sig value of 0.000, which means that there was a significant increase in students' scientific literacy skills between before and after the guided inquiry learning model was implemented. This is supported by the percentage of learning implementation by three observers in teacher activities, namely 96%, 98% and 98%. Apart from that, the percentage of learning implementation in student activities by three observers obtained the same result, namely 98%. Student responses to learning using the guided inquiry model also showed very good results that this learning could improve students' scientific literacy skills with a percentage of 84.56%.