Melatih keterampilan metakognitif peserta didik sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik pada materi asam basa. Metode penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiono (2016). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode angket, dan metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar telaah, lembar validasi, angket respon peserta didik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar pretest-posttes keterampilan metakognitif, dan angket inventori metakognitif. Subjek penelitian ini berjumlah 22 peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Dawarblandong. LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan hasil rata-rata validitas isi pada LKPD 1, 2, dan 3 sebesar 4,67; 4,56; 4,56 dan validitas konstruk masing-masing LKPD 1, 2, dan 3 sebesar 4,63. Kepraktisan LKPD memperoleh persentase respon peserta didik sebesar 93,2% dengan kategori sangat praktis dan didukung hasil pengamatan aktivitas relevan peserta didik seperti aktivitas mengamati gambar pada power point, mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menentukan variabel percobaan, melakukan percobaan, menganalisis data, membuat kesimpulan, merefleksikan kesimpulan ke dalam fenomena yang sudah dihadirkan, dan mengerjakan soal refleksi secara mandiri. Aktivitas relevan peserta didik pada pertemuan 1, 2, dan 3 sebesar 83,52%; 85,02%; dan 86,09%. Keefektifan LKPD ditentukan berdasarkan hasil uji N-gain dan uji paired sample t-test pada nilai pretest-posttest dengan memperoleh rata-rata N-gain 0,63 dengan kategori sedang dan nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan didukung hasil angket inventori metakognitif yang memperoleh rata-rata sebesar 87,84 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi inkuiri terbimbing adalah sangat valid, sangat praktis, dan efektif dalam melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik.
Kata kunci: lembar kerja peserta didik, inkuiri terbimbing, keterampilan metakognitif, asam basa.