TIKTOK ADDICTION AND ITS IMPACT ON THE CHARACTER OF STUDENTS OF SMP NEGERI 29 GRESIK
Fahruni, Findivia Egga. 2023. Kecanduan Tiktok dan Dampaknya Pada Karakter Siswa SMP Negeri 29 Gresik. Tesis, Program Studi Bimbingan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Hadi Warsito Wiryosutomo, M.Si., Kons dan (II) Prof. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: kecanduan Tiktok, karakter, siswa SMP.
Penelitian ini bertujuan mengkaji fenomena kecanduan Tiktok siswa SMP Negeri 29 Gresik yang meliputi (1) intensitas siswa dalam menggunakan aplikasi Tiktok dalam sehari, (2) motif siswa menggunakan aplikasi Tiktok, (3) dampak kecanduan Tiktok terhadap karakter siswa, (4) upaya pencegahan kecanduan Tiktok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen yang dipakai dalam penelitian yakni pedoman wawancara dan daftar cocok (checklist) dokumentasi. Dalam memilih subjek penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Adapun subjek penelitiannya yaitu 11 siswa kelas IX yang kecanduan Tiktok sebagai subjek penelitian utama, guru BK SMP Negeri 29 Gresik sebagai subjek penelitian kunci, dan 2 wali kelas IX sebagai subjek penelitian tambahan. Data penelitian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Siswa mengakses Tiktok lebih dari 3 jam dalam sehari. Tiktok merupakan aplikasi nomor 1 yang sering diakses oleh siswa. Siswa tidak membuat konten Tiktok, namun cenderung melihat konten pengguna lain. (2) Motif siswa mengakses Tiktok yakni sebagai hiburan, tren, dan pelarian dari kenyataan. (3) Siswa yang kecanduan Tiktok memiliki kedisiplinan yang rendah. Siswa menunda melaksanakan salat, menyelesaikan salat, dan siswa tidur larut malam. Siswa menjadi kurang bertanggung jawab dalam menunaikan salat 5 waktu, namun siswabertanggung jawab dalam menyelesaikan PR. Selain itu, siswa memiliki ketegasan yang rendah dalam mengurangi kecanduan Tiktok. Siswa memiliki sikap empati yang relatif bagus. Siswa mampu bekerja sama dengan baik walaupun kecanduan Tiktok dan mereka cenderung melakukan kerja sama secara langsung. Dan (4) upaya pengendalian Tiktok yang dilakukan oleh guru BK di SMP Negeri 29 Gresik yaitu memberikan edukasi kepada siswa melalui layanan BK, menjalin kerja sama dengan orang tua, memonitoring siswa dalam menggunakan Tiktok. Sedangkan upaya wali kelas untuk mencegah kecanduan Tiktok pada siswa yaitu memberikan PR, memberikan nasihat kepada siswa, dan mengarahkan siswa kegiatan ekstrakurikuler.
Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa siswa yang kecanduan Tiktok memiliki intensitas yang cukup tinggi mengakses Tiktok, Tiktok tidak hanya memberikan dampak negatif pada karakter kedisiplinan, tanggung jawab siswa, dan ketegasan. Namun juga memberikan dampak positif pada siswa yaitu dengan Tiktok siswa mendapatkan ilmu baru, mengembangkan prestasi, dan dapat membantu memperbaiki mood. Melalui temuan yang diperoleh pada penelitian ini, maka ada beberapa saran sebagai pencegahan permasalahan kecanduan Tiktok di antaranya yaitu orang tua menjalin komunikasi yang baik dengan anak, mendampingi dan memberikan literasi digital, dan orang tua bekerja sama dengan pihak sekolah, siswa mencari aktivitas di luar bersosial media serta siswa dapat membuat jadwal kegiatan sesuai dengan skala prioritas harian.
Fahruni, Findivia Egga. 2023. Tiktok Addiction and Its Impact on the Character of Students of SMP Negeri 29 Gresik. Thesis, Guidance and Counseling Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisor (I) Dr. Hadi Warsito Wiryosutomo, M.Sc., Kons and (II) Prof. Maria Veronika Roesminingsih, M.Pd.
Key Words: Tiktok addiction, character, junior high school students.
This study aims to examine the phenomenon of Tiktok addiction among students at SMP Negeri 29 Gresik which includes (1) students' intensity in using the Tiktok application in a day, (2) students' motives for using the Tiktok application, (3) the impact of Tiktok addiction on student character, (4) prevention efforts tiktok addiction.
This study uses a qualitative approach with phenomenological methods. Data was collected using interview techniques and documentation studies. The instruments used in the research were interview guides and documentation checklists. In selecting research subjects using snowball sampling technique. The research subjects were 11 students of class IX who were addicted to Tiktok as the main research subjects, counseling teachers at SMP Negeri 29 Gresik as key research subjects, and 2 homeroom teachers for class IX as additional research subjects. The research data were analyzed using the Miles and Huberman model which included the stages of data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions.
The results of this study are: (1) Students access Tiktok for more than 3 hours a day. Tiktok is the number 1 application that is often accessed by students. Students don't create TikTok content, but are likely to view other users' content. (2) Students' motives for accessing Tiktok are entertainment, trends, and an escape from reality. (3) Students who are addicted to Tiktok have low discipline. Students postpone praying, finish praying, and students sleep late. Students become less responsible in performing the 5 daily prayers, but students are responsible for completing homework. In addition, students have low assertiveness in reducing Tiktok addiction. Students have a relatively good attitude of empathy. Students are able to work together well even though they are addicted to Tiktok and they tend to work together directly. And (4) efforts to control Tiktok carried out by counseling teachers at SMP Negeri 29 Gresik, namely providing education to students through counseling services, collaborating with parents, monitoring students in using Tiktok. While the homeroom teacher's efforts to prevent Tiktok addiction in students are giving homework, giving advice to students, and directing students to extracurricular activities.
This study concludes that students who are addicted to Tiktok have a fairly high intensity of accessing Tiktok, Tiktok does not only have a negative impact on the character of discipline, student responsibility, and assertiveness. But it also has a positive impact on students, namely with Tiktok students gain new knowledge, develop achievements, and can help improve mood. Through the findings obtained in this study, there are several suggestions for preventing Tiktok addiction problems including parents establishing good communication with children, accompanying and providing digital literacy, and parents working with the school, students looking for activities outside of socializing media and students can schedule activities according to the daily priority scale.