KONSEP ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN KURSUS DAN PELATIHAN JARAK JAUH: STUDI LITERATUR
THE CONCEPT OF ANDRAGOGI IN DISTANCE LEARNING COURSES AND TRAINING PROGRAMS: Literatur Studies
Selama pandemi Covid-19, banyak kursus dan pelatihan yang diikuti orang dewasa secara online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan prinsip andragogi dalam program pelatihan online terutama yang dilaksanakan selama masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literature dan wawancara semi-terstruktur menggunakan kerangka teoritis teori andragogi Malcom Knowles dan lima desain penerapan andragogi Conti. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa teori andragogy beranggapan bahwa pembelajaran dan pendidikan orang dewasa berpusat terhadap diri peserta didik. Dalam artikel ini dituliskan bagaimana pendekatan andragogi dapat digunakan dalam pembelajaran daring diikuti oleh orang dewasa. Pembelajaran dilakukan menggunakan ciri khusus orang dewasa sebagai peserta didik dalam progran kursus dan pelatihan. Dalam penerapan teori andragogy, fasilitator diharuskan untuk melibatkan peserta didik dalam proses identifikasi, perencanaan, pelaksanaan hingga proses evaluasi. Terlibatnya orang dewasa dalam banyak aspek program dilakukan untuk menghormati memiliki citra diri dan kondisi yang harus dipertimbangkan fasilitator untuk mencapai tujuan program pendidikan dan pembelajaran orang dewasa.
During the pandemic, many courses and training were being followed by adults online. This research was conducted to determine the application of andragogy principles in online training programs, especially those carried out during the pandemic. The research method used was literature study and semi-structured interviews using the theoretical framework of Malcolm Knowles' andragogy and the five designs of Conti andragogy application. From the research results, it was found that the andragogy assumes that adult learning and education is centered on the learners themselves. In this article, it is written how the andragogy approach can be used in online learning followed by adults. Learning is carried out using characteristics of adults as learners in course and training programs. In applying andragogy, facilitators are required to involve students in the identification, planning, implementation, and evaluation processes. The involvement of adults in many aspects of the program is done to respect the self-image and conditions that the facilitator must consider achieving the goals of adult learning and education.