ABSTRAK
Saraswati,Lativa .2024. Pengaruh Penggunaan
Media Visual Berbasis AI (Artificial Intelligence) dengan
Dukungan Fitur Bing Image Creaor Terhadap Kepercayaan Diri dan
Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.Tesis. Program Studi Pendidikan
Dasar.Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing: (1) Prof.Dr.Wahyu Sukartiningsih,M.Pd, (2)
Dr.Heru Subrata,M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh penggunaan media visual berbasis Artificial Intelligence dengan dukungan fitur Bing Image Creator terhadap kepercayaan diri dan keterampilan berbicara siswa Sekolah
Dasar. Penelitian ini merupakan
jenis penelitan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berpedoman pada skala likert. Data dikumpulkan dari
60 siswa kelas III Gugus 1 Sekolah Dasar di Magetan, yang dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS.
Pengujian hipotesis dengan pendekatan SmartPLS dilakukan dalam dua tahap,yaitu
pengujian outer model dan inner model.
Hasil
analisis menunjukkan bahwa penggunaan media visual berbasis AI memiliki
pengaruh yang kuat terhadap kepercayaan diri siswa dengan nilai f2 = 0,511 dan
keterampilan berbicara siswa dengan nilai f2 = 1,620. Indikator validitas dan
reliabilitas instrumen penelitian juga memenuhi kriteria dengan nilai AVE di
atas 0,5 dan Cronbach's
Alpha di atas 0,7. Berdasarkan temuan tersebut, media visual berbasis
AI dengan fitur Bing Image
Creator terbukti efektif berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri
dan kemampuan berbicara siswa, terutama dalam konteks pembelajaran interaktif.
Penelitian
ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan media pembelajaran berbasis
teknologi di era digital, khususnya berbasis AI (artificial Intelligence). Rekomendasi
penelitian selanjutnya adalah mengintegrasikan media berbasis AI dengan
strategi pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan dampak positif bagi siswa.
Kata kunci :
media visual, kecerdasan buatan, Bing Image Creator, kepercayaan diri,
keterampilan berbicara, sekolah dasar, SmartPLS.