Mesin diesel merupakan salah satu
pilihan yang dapat digunakan sebagai mesin penggerak utama di beberapa alat
transportasi. Kelebihan mesin penggerak diesel seperti efisiensi pembakaran
yang lebih tinggi. Sedangkan kelemahannya yaitu tingkat kepekatan asap dari
mesin diesel lebih tinggi daripada mesin bensin . Salah satu cara teknologi untuk mengurangi emisi gas buang pada mesin
diesel adalah dengan menggunakan teknologi diesel
particulate trap (DPT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi exhaust
manifold pada DPT berbahan dasar kuningan dan wire mesh stainless steel terhadap performa mesin diesel 4 langkah.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian yang digunakan
adalah mesin Isuzu Panther tahun 2005. Variabel bebas yaitu knalpot standar dan knalpot
eksperimen. Variabel terikat yaitu opasitas, performa mesin, dan tingkat
kebisingan kendaraan. Standar pengujian opasitas gas buang mesin diesel
berdasarkan SNI 19-7118.2-2005 yang berpedoman pada SAE-J1667. Standar pengukuran performa mesin
adalah SAE J1349. Standar pengukuran konsumsi bahan bakar adalah SNI 7554:2010.
Sedangkan standar pengukuran tingkat kebisingan adalah ISO/FDIS 5130:2006(E). Teknik analisis data ini menggunakan
metode deskriptif.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan DPT
kuningan dan wire mesh stainless steel dapat meningkatkan performa mesin
(torsi dan daya), mereduksi opasitas, konsumsi bahan bakar, dan tingkat
kebisingan mesin Isuzu Panther tahun 2005. Dibandingkan dengan knalpot standar,
penggunaan DPT kuningan dapat mereduksi opasitas dengan presentase reduksi
rata-rata sebesar 65,87% untuk variasi 1 exhaust manifold dan 80,91% untuk 4 exhaust manifold . DPT
dengan variasi 1 exhaust manifold dapat meningkatkan torsi sebesar
7,65%, dan 11,01% untuk 4 exhaust manifold. DPT dengan variasi 1 exhaust
manifold dapat meningkatkan daya sebesar 11,15%, dan 14,47% untuk 4 exhaust
manifold. DPT kuningan dapat menurunkan konsumsi bahan bakar dengan
presentase reduksi rata-rata sebesar 13,09% untuk variasi 1 exhaust manifold
dan 18,14% untuk variasi 4 exhaust manifold. DPT kuningan dapat
menurunkan tingkat kebisingan dengan presentase reduksi rata-rata sebesar 2,21%
untuk variasi 1 exhaust manifold dan 4,47% untuk variasi 4 exhaust
manifold.
Kata kunci: Diesel particulate trap, kuningan, wire mesh , opasitas, performa mesin