Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Mental Toughness pada Atlet Remaja
The Relationship Beetween Emotion Regulation and Mental Toughness in Adolescent Athletes
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara regulasi emosi dan mental toughness pada atlet remaja di Desain Besar Olahraga Nasional Universitas Negeri Surabaya. Regulasi emosi dan mental toughness merupakan faktor penting dalam peningkatan kinerja olahraga, terutama saat atlet menghadapi tekanan dan tuntutan prestasi yang tinggi. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi digunakan, melibatkan 24 atlet remaja yang tinggal di asrama universitas. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner skala Likert untuk mengukur regulasi emosi dan mental toughness. Data dianalisis menggunakan uji asumsi dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif antara regulasi emosi dan mental toughness pada atlet remaja (r = 0,616, p < 0,05). Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan regulasi emosi yang baik dalam meningkatkan mental toughness atlet remaja. Saran untuk atlet remaja adalah mengontrol tekanan dengan koping positif untuk mencapai emosi yang positif, dan pelatih perlu memperhatikan latihan yang melibatkan regulasi emosi dan mental toughness. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan sumber referensi. Penelitian ini memberikan manfaat bagi para atlet, pelatih, dan peneliti di bidang psikologi olahraga.
This study purpose was to explore the relationship between emotion regulation and mental toughness in adolescent athletes at Surabaya State University National Sports Grand Design. Emotion regulation and mental toughness are important factors in the improvement of sports performance, especially when athletes face high achievement pressures and demands. A quantitative research method with a correlation approach was used, involving 24 adolescent athletes living in university dormitories. The instruments used were Likert scale questionnaires to measure emotion regulation and mental toughness. Data were analyzed using the assumption test and Pearson Product Moment correlation test. The results showed a positive relationship between emotion regulation and mental toughness in adolescent athletes (r = 0.616, p < 0.05). The implications of this study emphasize the importance of developing good emotion regulation in increasing the mental toughness of adolescent athletes. Suggestions for adolescent athletes are to control pressure with positive coping to achieve positive emotions, and coaches need to pay attention to exercises that involve emotion regulation and mental toughness. Future research is recommended to expand the scope of reference sources. This study provides benefits for athletes, coaches, and researchers in the field of sports psychology.