Function and Persuasive Meaning in Tourism Advertisements www.dertour-reisebuero.de
Dalam penelitian ini, sumber data diambil dari 5 iklan pariwisata berbahasa Jerman yang ada pada www.dertour-reisebuero.de. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan fungsi dan makna persuasif dalam iklan pariwisata www.dertour-reisebuero.de. Data penelitian ini adalah kalimat yang ada dalam iklan der Touristik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik simak dan catat. Teori yang digunakan adalah teori milik Keraf, Janich, Bussman, dan Jakobson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 iklan tersebut memiliki fungsi appelatif, referensial, ekspresif, puitik dan metalinguistik. Fungsi yang cenderung lebih banyak adalah fungsi referensial, appelatif, dan ekspresif. Hal ini dikarenakan iklan pariwisata der Touristik memiliki maksud untuk mengajak dan memberikan informasi terkait wisata yang ditawarkan. Makna persuasif yang ditemukan terdapat lebih banyak makna denotatif dibandingkan makna konotatif. Hal ini dikarenakan pada iklan tersebut lebih banyak mengartikan makna melalui arti primernya dari kamus.
Kata Kunci: Persuasif, fungsi, makna denotatif, konotatif, dan Iklan Pariwisata
In this study, the data source is taken from 5 German-language tourism ads on www.dertour-reisebuero.de. The purpose of the study is to describe the function and meaning of persuasiveness in tourism advertising www.dertour-reisebuero.de. The data of this study is a sentence in the ad der Touristik. The research method used is qualitative descriptive with the technique of listening and recording. The theory used is the theory of Keraf, Janich, Bussman, and Jakobson. The results showed that the 5 ADs have Appelative, Referential, Expressive, Poetic and Metalinguistic functions. Functions that tend to be more are Referential, Appelative, and Expressive functions. This is because der Touristik tourism advertising has the intention to invite and provide information related to the tours offered. Persuasive meaning found there are more denotative meanings than connotative meanings. This is because the ad is more to interpret the meaning through the primary meaning of the dictionary.
Keywords: persuasive, function, denotative meaning, connotative, and tourism advertising