PENGARUH MEDIA TELECONFERENCE DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
THE INFLUENCE OF TELECONFERENCE MEDIA IN ONLINE LEARNING ON STUDENT LEARNING INDEPENDENCE
Masa pandemi tidak bisa diangggap suatu keterbatasan atas semua aktivitas yang kita lakukan. Terutama pada sektor pendidikan. Pendidikan tidak boleh dihentikan hanya karena adanya Covid19. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk tetap melanjutkan aktifitas sekolah bagi para siswa dan juga guru. Dalam pelaksanaanya dilakukan dengan cara SFH atau School from Home sekolah dari rumah. Pelaksanaannya dapat ditempuh dengan melakukan pembelajaran secara online atau yang biasa kita sebut daring (dalam jaringan). Beberapa media yang dapat menunjang pembelajaran daring diantaranya adalah media teleconference, maka dari itu, studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa saat melakukan pembelajaran secara daring dengan pembelajaran konvensional, serta mengukur kemandirian siswa dalam pembelajaran saat pembelajaran daring dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Dalam studi literatur ini pembelajaran daring dilakukan dengan bantuan media teleconference zoom dan dipadukan dengan aplikasi edmodo. Hasil dari studi literasi ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran daring dengan pembelajaran konvensional, serta tercapainya aspek kemandirian pada siswa daat melakukan pembelajaran secara daring didapatkan hasil yang lebih besar daripada tingkat kemandirian belajar siswa padaa pembelajaran yang dilakukan secara konvensional.
The pandemic period cannot be limited to all the activities we do. Especially in the education sector. Education should not be stopped simply because of covid-19. Many ways can be done to continue school activities for students as well as teachers. In its implementation is done by way of SFH or School from Home. The implementation can be found by doing Educational online or what we commonly call online (online). Some media that can support online learning include teleconference media. Therefore, this literature study aims to find out how students learn when learning online with conventional learning, as well as measure students' independence in online learning and their relationship to student learning outcomes. In this literature study, online learning was conducted with the help of teleconference zoom media and combined with edmodo applications. The results of this literacy study state that there is a difference in learning outcomes between online learning and conventional learning. As well as achieving aspects of self-reliance in students and conducting online learning, the results are greater than the level of self-reliance learned by conventional students.