PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SPIN GAME DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI IBB SMA AL-ISLAM KRIAN
THE INFLUENCE OF APPLICATION OF LEARNING MEDIA SPIN GAME IN LEARNING TO COMPOSE CHINESE SENTENCES IN CLASS XI IBB SMA AL-ISLAM KRIAN
Bahasa Mandarin merupakan bahasa nasional Negara Tiongkok dan juga merupakan bahasa internasional kedua setelah Bahasa Inggris. Mempelajari Bahasa Mandarin tentu akan menemukan sebuah kesulitan. Kesulitan secara umum yang dialami oleh pembelajar bahasa Mandarin adalah pelafalan kosakata sesuai nada, menulis hanzi sesuai guratan, dan penggunaan tata bahasa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Spin Game dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XI IBB SMA Al-Islam Krian”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan media pembelajaran media spin game dalam pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin, 2) pengaruh penerapan media pembelajaran spin game dalam pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin, 3)respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran spin game.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Teknik penegumpulan data berupa observasi, tes dan angket respon. Analisis data observasi dan angket menggunakan rumus persentase sedangkan data tes dianalisis menggunakan rumus uji-t.
Setelah data dianalisis, diperoleh data sebagai berikut; 1) penerapan media pembelajaran media Spin Game dalam pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin berjalan dengan baik. Hasil analisis observasi aktivitas pendidik pertemuan pertama dan kedua memperoleh 72% dan 73%. Hasil analisis observasi peserta didik pertemuan pertama dan kedua memperoleh 71% dan 74%. 2) media pembelajaran spin game memiliki pengaruh yang positif terhadap pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin. Hasil analisis data pre-test dan post-test diperoleh dari hasil uji t-signifikansi dengan t-test = 13,090, db = 20. Dengan tabel taraf 5% maka ts = 1. Hasil nilai t-signifikansi berada pada interval 13,090 > 1 yaitu lebih besar daripada t-tabel. 3) penggunaan media spin game mendapatkan respon positif dari peserta didik. Hasil analisis angket respon peserta didik yang terdiri dari 11 pernyataan sebagian besar menyatakan setuju.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran spin game dalam pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin pada siswa kelas XI IBB SMA Al-Islam Krian berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil data observasi aktivitas pendidik dan peserta didik berada dalam kategori “baik”. Penerapan media spin game dalam pembelajaran menyusun kalimat berdampak positif dan mendapatkan respon yang positif dari peserta didik kelas XI IBB SMA Al-Islam Krian. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data tes menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test serta hasil analisis data angket respon peserta didik yang menunjukan kategori baik.
Kata Kunci : Media spin game, kalimat bahasa Mandarin
Mandarin is the national language of China and is also the second international language after English. Learning Mandarin will undoubtedly find difficult. The general difficulties experienced by learners of Mandarin are pronouncing vocabulary according to tone, writing Chinese according to strokes, and using grammar. Therefore, a study was conducted with the title "The Influence of Application of Learning Media Spin Game in Learning to Compose Chinese Sentences in Class XI IBB SMA Al-Islam Krian". This study aims to describe 1) the application of media learning media spin games in learning to compose Chinese sentences, 2) the influence of the application of learning media spin games in learning to compose Chinese sentences, and 3) students' responses to the use of learning media spin games.
This research is experimental research with a model one group pre-test post-test design. Data collection techniques in the form of observation, tests, and response questionnaires. Analysis of observation data and questionnaires used the percentage formula while the test data were analyzed using the t-test formula.
After the data was analyzed, the following data were obtained; 1) the application of media learning media Spin Game in learning to compose sentences in Mandarin goes well. The results of the analysis of observing the activities of educators in the first and second meetings obtained 72% and 73%. The results of the observation analysis of students in the first and second meetings obtained 71% and 74%. 2) learning media spin game positively influences learning to compose Chinese sentences. Results of data analysis pre-test and post-test obtained from the test results t-significance with t-test = 13.090, db = 20. With a level table of 5% then ts = 1. The result value t-significance is in the interval 13.090 > 1 which is greater than the t-table. 3) media use spin games to get a positive response from students. The results of the student response questionnaire analysis comprised 11 statements mostly agreed.
Based on the results of the data analysis, it can be concluded that the use of the learning media spin game in learning to compose Mandarin sentences for students of class XI IBB SMA Al-Islam Krian went well. This is evidenced by the results of observational data on the activities of educators and students in the "good" category. Media application spin game in learning to compose sentences has a positive impact and gets a positive response from students in class XI IBB SMA Al-Islam Krian. This is evidenced by the results of the test data analysis showing that there is a significant difference between the scores pre-test and post-test as well as the results of student response questionnaire data analysis which shows a good category.