Analisis Indikator Kemerdekaan Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA SMP Di Masa Pandemi Covid-19
Analysis of Students Learning Indikators of Learning Independence in Junior High School Science Learning in The Time of Pandemic Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator kemerdekaan belajar yang diterapkan pada jenjang SMP di masa pandemi Covid-19 di mana dalam kasus ini dirasakan oleh siswa dengan proses pembelajaran yang berlangsung saat ini apakah menemukan kemerdekaan dalam belajar atau tidak. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 34 Surabaya. Jenis penelitian yaitu pendekatan studi kasus di mana dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam ketercapaian pelaksanaan kemerdekaan belajar. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua guru IPA dan 27 peserta didik kelas VII-G SMP Negeri 34 Surabaya pada materi kalor dan perpindahan semester I. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi pembelajaran, keterlaksanaan rancangan pembelajaran, serta angket guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, analisis dokumen, dan angket kemudian teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil dari pelaksanaan penelitian menunjukan bahwa: 1) Observasi dari keterlaksanaan pembelajaran dengan konsep kemerdekaan belajar mencapai kriteria baik dengan persentase rata-rata sebesar 73% yang menunjukan pelaksanaan pembelajaran peserta didik sudah merasakan kemerdekaan belajar, 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan mencapai kriteria baik dengan persentase sebesar 80% yang menunjukan sebagian besar konsep kemerdekaan belajar pada perencanaan pembelajaran sudah terlaksana, 3) Hasil angket yang diberikan kepada guru dan peserta didik masing-masing mencapai kriteria cukup dan tercapai pada konsep kemerdekaan belajar, yang menunjukan konsep kemerdekaan belajar dapat tercapai pada peserta didik, dan beberapa konsep kemerdekaan belajar belum tercapai pada guru. Pelaksanaan konsep kemerdekaan belajar pada penelitian ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar
Kata kunci: Kemerdekaan Belajar, Pandemi Covid-19, Studi kasus
This study aimed to determine the indicators of learning independence that are applied at the junior high school level during the Covid-19 pandemic which in this case is felt by students with the current learning process whether they find independence in learning or not. The research was conducted at SMP Negeri 34 Surabaya. The type of research is a case study approach where in this study to find out how the role of teachers in achieving the implementation of learning independence. The subjects in this study were two science teachers and 27 students in class VII-G of SMP Negeri 34 Surabaya on heat and transfer materials in the first semester. The research instrument consisted of learning observation sheets, implementation of learning designs, and teacher and student questionnaires. The data collection techniques used in this study were in-depth interviews, document analysis, and questionnaires, then the data analysis techniques were descriptive qualitative. The results of the research showed that: 1) Observations of the implementation of learning with the concept of learning independence reached good criteria with an average percentage of 73% which showed that the implementation of learning students had felt learning independence, 2) The implementation of learning carried out achieved good criteria with a percentage by 80% which shows that most of the concepts of learning independence in learning planning have been carried out, 3) The results of the questionnaire given to teachers and students each achieve sufficient criteria and are achieved in the concept of learning independence, which shows the concept of learning independence can be achieved in students , and some concepts of learning independence have not been achieved in teachers. The implementation of the concept of learning independence in this study greatly influences teaching and learning activities
Keywords: Freedom of Learning, Covid-19 Pandemic, Case studies