MOTIVASI SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SOFTBALL DI SMPN 1 SUMOBITO JOMBANG
MOTIVATION OF STUDENTS PARTICIPATING SOFTBALL EXTRACURRICULARIES AT SMPN 1 SUMOBITO JOMBANG
Pendidikan adalah tindakan seseorang dengan sadar untuk menyiapkan siswa melalui kegiatan pembelajaran, bimbingan dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Dengan adanya pendidikan, siswa dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Dalam proses pendidikan ada tiga kegiatan pokok siswa di sekolah yaitu intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran yaitu kegiatan ekstrakurikuler. Beberapa faktor yang mempengaruhi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yaitu minat, bakat dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi siswa peserta ekstrakurikuler softball di SMPN 1 Sumobito Jombang dengan menggunakan penelitian non-eksperimen pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan batasan untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa peserta ekstrakurikuler softball di SMPN 1 Sumobito Jombang. Hasil penelitian dan pembahasan tentang motivasi siswa peserta ekstrakurikuler dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler softball di SMPN 1 Sumobito Jombang masuk dalam kategori Cukup sebesar 48%. Begitu juga dengan hasil analisis motivasi instrinsik dan ekstrinsik menunjukkan bahwa motivasi instrinsik lebih dominan sebesar 58,77% dari motivasi ekstrinsik sebesar 41,23%, kemudian untuk motivasi instrinsik menunjukkan indikator yang dominan adalah pengalaman masa lalu, sedangkan untuk motivasi ekstrinsik menunjukkan indikator yang dominan adalah lingkungan atau iklim pembinaan.
Kata Kunci : Motivasi, Ekstrakurikuler, Softball
Education is a person's conscious action to prepare students through learning activities, guidance and training for their role in the future. With education, students can develop their potential through the learning process. In the educational process student at school, namely intracurricular, co-curricular and extracurricular. One of the activities carried out outside class hours is extracurricular activities. Several factors influence students to take part in extracurricular activities, namely interest, talent and motivation. This research aims to find out what factors influence students participating in softball extracurriculars at SMPN 1 Sumobito Jombang uses a non-experimental quantitative research approach and a quantitative descriptive research type with the limitation of finding out how motivated the students participating in the softball extracurricular at SMPN 1 Sumobito Jombang. The results of research and discussion regarding the motivation of extracurricular student participants in participating in softball extracurricular activities at SMPN 1 Sumobito Jombang are in the Fair category at 48%. The results of the analysis of intrinsic and extrinsic motivation show that intrinsic motivation is more dominant at 58.77% than extrinsic motivation at 41.23%, then for intrinsic motivation it shows that the dominant indicator is past experience, while for extrinsic motivation it shows that the dominant indicator is the environment or coaching climate.
Keywords: Motivation, Extracurricular, Softball