Fuaidah, Nur . 2019.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Flipbook untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) siswa
SMP/MTs. Tesis .
Program Studi Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Madlazim,
M.Si ., dan (II) Prof. Dr. Hj
Rudiana Agustini, M.Pd.
Kata kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Inkuiri
Terbimbing. Flipbook . High
Order Thinking Skills .
Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA yang layak (valid,
praktis, dan efektif) dengan model inkuiri
terbimbing berbantuan flipbook untuk
meningkatkan HOTS pada materi listrik statis dan kelistrikan pada makhluk
hidup. Penelitian merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKPD, dan
lembar penilaian. Perangkat diujicobakan di kelas IX sebanyak 3 kelas di salah satu sekolah SMP Pasuruan.
Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan angket.
Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Temuan hasil
penelitian yaitu: (1) Validitas perangkat pembelajaran dengan komponen
rata-rata silabus, RPP, LKPD, dan lembar penilaian memperoleh kategori sangat
valid sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. (2) kepraktisan
perangkat pembelajaran diperoleh dari keterlaksanaan RPP dari dua orang pengamat
dengan berkategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan praktis dalam
kegiatan pembelajaran dan kendala yang dihadapi selama kegiatan pembelajaran
dapat diatasi tanpa proses pembelajaran mengalami gangguan yang berarti. (3)
keefektifan ditunjukkan dengan peningkatan HOTS ditandai dengan rata-rata n-gain masing-masing di kelas A berkisar 0,8 dengan kategori tinggi, 16 siswa
memperoleh kategori tinggi dan 7 siswa memperoleh kategori sedang., di kelas B
memperoleh rata-rata n-gain berkisar
0,9 dengan kategori tinggi, 19 siswa berkategori tinggi dan 4 berkategori
sedang., dan di kelas C memperoleh rata-rata n-gain berkisar 0,8 dengan kategori tinggi, 16 siswa berkategori
tinggi dan 7 siswa berkategori sedang. R espon siswa terhadap komponen pembelajaran yang diberikan menyatakan senang , menarik
dan membuat materi pembelajaran jadi mudah dipahami. Berdasarkan analisis data,
dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajran IPA model model inkuiri terbimbing berbantuan flipbook
layak
untuk meningkatkan HOTS.