Kota Mojokerto merupakan salah satu Kota yang ada di Jawa Timur dengan jumlah angka kecelakaan paling banyak adalah siswa/murid SMA oleh karena itu Dinas Perhubungan Kota Mojokerto meluncurkan Angkutan Sekolah Gratis guna meminimalisir terjadinya angka kecelakaan yang efisien, aman, nyaman, handal sehingga siswa SMA dapat memilih Angkutan Sekolah Gratis sebagai moda utama untuk ke sekolah.
Studi ini dilakukan dengan cara menyebarkan 380 responden kepada penumpang/ siswa SMA Angkutan Sekolah Gratis Kota Mojokerto. Metode yang digunakan adalah Motode Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis pelayanan Angkutan Sekolah Gratis Kota Mojokerto dengan penyebaran kuisioner. Variabel yang terdapat pada kuisioner adalah kondisi fisik, daya tangkap, kehandalan, jaminan, dan empati.
Berdasarkan hasil perhitungan IPA, tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan adalah cukup memuaskan dengan persentase rata rata keseluruhan 72%. Skor untuk tingkat kinerja (X) = 3,36 dan untuk tingkat harapan (Y) = 4,65. Hasil metode IPA kuadran prioritas utama adalah kebersihan dalam Angkutan Sekolah Gratis, keterjangkauan lokasi halte, ketepatan waktu datang, meningkatkan pemantauan jam datang, dan membiasakan petugas untuk selalu ramah.
Kata Kunci : Importance Performance Analysis (IPA), Pelayanan Angkutan Sekolah Gratis, Faktor yang perlu ditingkatkan.
Mojokerto city is one of the cities in east java with the highest number of accidents being SHS (Senior High School) therefore, the traffic managements of policy launched Free School Transportation for minimize the occurance of accident rates that were efficient, safe, comfortable, reliable and affordable so high school students can choose free school transportation as the main transportation to go to school..
This study was conducted by distributing 380 questionnaires to free school transportation users as called high school students. The method of processing data used is Importance Performance Analysis (IPA) to analyze the performance of free school transportation with the spread of questionnaires. Where the variables contained in the questionnaire contain indicators of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy.
Based on the calculation of IPA, the level of conformity between performance and expectation is good enough with overall average of percentage 72%. Average performance total score (X) =3,36 and for expectation (Y)= 4,65. The main priority quadrant IPA method is the cleanliness in transport, affordability of bus stops, timeliness of arrival, increasing monitoring of hours and getting the staff to always be friendly.
Keywords : IPA, Passenger Service, Free School Transportation