Di KAI Access merupakan sebuah aplikasi mobile yang digunakan untuk pemesanan tiket kereta api baik jarak dekat atau jarak jauh secara online. KAI Access juga merupakan solusi pada masa covid-19 untuk meminimalisir kontak fisik antara petugas dan customer. Saat ini perusahaan berupaya untuk terus melakukan pengembangan terkait dengan fitur-fitur supaya KAI Access menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk pemesanan tiket secara online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang memberikan pengaruh penerimaan pengguna layanan KAI Access menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Reasoned Action (TRA) menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk mengetahui seberapa produk tersebut untuk dapat diterima oleh konsumen maka perlu dilakukan penelitian terkait dengan penerimaan teknologi. Penerimaan pengguna tersebut dapat diketahui melalui respon yang baikĀ terhadap niat pengguna dan perilaku dalam menggunakan produk yang diketahui dari jawaban 95 responden yang merupakan pengguna KAI Access, berdomisili di Jawa Timur dan rata-rata penggunya adalah seorang mahasiswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SmartPls 3.0. Penilaian mengenai indikator menggunakan skala likert yang dimulai dari angka 1 yang berarti sangat tidak setuju hingga angka 5 sangat setuju. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Usefulness, Perceived Usefulness memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Toward Using, Perceived Ease of Use memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Toward Using, dan Behavior Intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Toward Using.
KAI Access is a mobile application used for booking train tickets, both short and long distances online. KAI Access is also a solution during the Covid-19 period to minimize physical contact between officers and customers. Currently, the company is trying to continue to make improvements related to features so that KAI Access becomes an effective and efficient solution for ordering tickets online. This research was conducted to determine the factors that influence the acceptance of KAI Access service users using the Technology Acceptance Model (TAM) method and the Theory of Reasoned Action (TRA) using quantitative research methods. To find out how much this product can be accepted by consumers, it is necessary to conduct research related to technology acceptance. User acceptance can be seen through good responses to user intentions and behavior in using the product which is known from the answers of 95 respondents who are KAI Access users, domiciled in East Java and the average user is a student. Data analysis in this study used the outer model test, inner model test, and hypothesis testing. Data processing was performed using the SmartPls 3.0 program. Assessment of indicators uses a Likert scale starting from number 1 which means strongly disagree to number 5 strongly agrees. So that the research results show that Perceived Ease of Use has a positive and significant effect on Perceived Usefulness, Perceived Usefulness has a positive and significant effect on Attitude Toward Using, Perceived Ease of Use has a positive and significant effect on Attitude Toward Using, and Behavior Intention has a positive and significant effect. against Attitude Toward Using.