DETERMINANTS OF CHILDREN'S SCHOOL PARTICIPATION IN INDONESIA
Pendidikan merupakan faktor penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, saat ini pendidikan di Indonesia terdapat maslaah yang menyebabkan pendidikan masih belum berjalan secara maksimal, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat kemiskinan (X1), jumlah guru (X2), dan jumlah sekolah (X3) terhadap angka partisipasi sekolah. Data sekunder diperoleh dari website bps.go.id mengambil data sebanyak 34 provinsi dengan jarak waktu dari 2018-2022, dengan menggunakan metode kuantitatif dan pendekatab regresi data panel menggunakan aplikasi Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemiskinan tidak berpengaruh terhadap angka partisipasi sekolah, sedangkan jumlah guru dan jumlah sekolah memiliki pengaruh terhadap angka partisipasi sekolah. Implikasi praktis pada penelitian ini adalah pemerintah dapat memilih daerah yang masih jauh dari pemerataan fasilitas unit sekolah dan pengajar karena angka partisipasi sekolah dipengaruhi daya tampung dan fasilitas sekolah yang mumpuni. Bagi peneliti dengan judul terkait diharapkan menambahkan variabel anggaran pendidikan karena dari anggaran pendidikan menujang fasilitas sekolah yang ada di Indonesia.
Kata kunci : angka partisipasi sekolah, tingkat kemiskinan, jumlah guru, jumlah sekolah
Education is an important factor for improving the quality of human resources, currently there are problems with education in Indonesia which cause education to still not run optimally, this research aims to analyze the influence of the poverty level (X1), the number of teachers (X2), and the number of schools ( X3) on school enrollment rates. Secondary data was obtained from the bps.go.id website taking data from 34 provinces with a time interval from 2018-2022, using quantitative methods and panel data regression approaches using the Eviews 10 application. The results of this study show that the poverty level has no effect on school enrollment rates , while the number of teachers and number of schools have an influence on school enrollment rates. The practical implication of this research is that the government can choose areas that are still far from equal distribution of school unit facilities and teachers because school enrollment rates are influenced by capacity and adequate school facilities. For researchers with related titles, it is hoped that they will add an education budget variable because the education budget supports school facilities in Indonesia.
Key words: school enrollment rate, poverty level, number of teachers, number of schools