The Influence Of Institutional Ownership and Board Size On Firm Value With Profitability As Mediate Variable
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kepemilikan institusional dan board size terhadap nilai perusahaan dengan menghadirkan profitabilitas sebagai variable mediasi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepemilikan institusi dan ukuran dewan, variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan dan profitabilitas sebegai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer goods dengan menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan yang didapatkan atau diunduh dari laman resmi idx dan website perusahaan dengan total 23 sampel penelitian yang diambil dengan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji hubungan antar variabel dalam penelitian ini adalah analisis jalur dengan bantuan IBM SPSS 24. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional terbukti tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, board size berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak mampu memediasi kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak mampu memediasi hubungan board size terhadap nilai perusahaan.
This research aimed to analyze and examine the effect of institutional ownership and board size on firm value with profitability as mediating variable. The dependen variables that used in this research are institutional ownership and board size, with firm value as independen variable and profitability as mediate variable.. Population that used in this research is consumer goods sector company sourced in secondary data that obtained through idx and company official website with 23 total sample obtained from purposive sampling. Data analysis technique used to examine the relationship between variables in this research is Path Analysis with IBM SPSS 24. The result show institutional ownership has negative effect on firm value, board size doesn’t effect firm value, profitability has not proved as mediate the effect of institusional ownership to firm value, profitability has not proved as mediate the effect of board size to firm value.