PROFIL DAN VALIDITAS SECARA TEORITIS BOOKLET MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
Abstrak
Kurikulum 2013 khususnya pada materi sel memiliki kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik, yaitu peserta didik mampu memahami komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang meliputi struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan, hal ini menyebabkan peserta didik harus paham dan menguasai materi yang telah diajarkan. Oleh sebab itu diperlukan adanya booklet yang inovatif serta mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas booklet pada materi sel untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan ADDIE. Validitas booklet didasarkan pada pengukuran kelayakan penyajian (teknis), kelayakan bahasa (konstruksi), dan kelayakan isi (didaktik), validitas booklet diinterpretasikan berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi berdasarkan aspek kelayakan penyajian memperoleh skor 3,8; aspek kelayakan bahasa dengan skor 3,83; dan aspek kelayakan isi memperoleh skor 3,5. Secara keseluruhan, hasil validasi booklet memperoleh skor rata-rata 3,71 sehingga dikategorikan sangat valid. Dengan demikian, booklet materi sel yang dikembangkan telah memenuhi kriteria penilaian booklet dan dapat dikatakan layak secara empiris dan teortitis.
Abstract
The 2013 curriculum, especially in the material structure and function of cells, has basic competencies that students must have, namely students are able to understand the chemical components of cells, the characteristics of life in cells which include the structure, functions and processes that take place in the cell, this causes students to understand and master the lesson that has been taught. Therefore we need an innovative booklet that is able to improve students understanding of concepts. This study aims to determine the validity of the booklet on cell material to improve the understanding of the concept of grade XI students. This research was conducted using an ADDIE design with stages of analysis, Design, Development Implementation and Evaluation. The validity of the booklet is based on measurement of presentation feasibility (technical), language feasibility (construction), and content feasibility (didactic), the validity of the booklet is interpreted based on the validation results by expert lecturers from the Department of Biology State University of Surabaya. The results of validation based on the feasibility aspect of the presentation obtained a score of 3.8 on the presentation; language barriers with a score of 3.83; and the content eligible aspect gained a score of 3.5. Overall, the booklet validation results obtained an average score of 3.71 so it was categorized as very valid. Thus, the developed cell material booklet has fulfilled aspects of booklet assessment and can be said to be empirically feasible and theoritis.