PENGEMBANGAN MODUL PENGENALAN KARIR UNTUK SISWA MTS
DEVELOPMENT OF CAREER INTRODUCTION MODULE FOR MTS STUDENTS
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pengenalan karir pada siswa, sehingga membuat mereka tidak dapat memahami dan mempertimbangkan karir yang mereka harapkan. Tujuan pemilihan modul karir ini untuk memberikan layanan kepada siswa agar dapat mengenal karir dalam kehidupan mereka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang hanya sampai lima tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaa, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba. Penelitian pengembangan modul pengenalan karir untuk siswa kelas VIII MTS salafiyah Safi’iyah Jombang bertujuan agar dapat memenuhi aspek akseptabilitas yaitu, kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Berdasrkan hasil kriteria akseptabilitas mendapatkan nilai 95% untuk ahli materi, ahli media memperoleh 89%, ahli calon pengguna Guru Bimbingan dan Konseling diperoleh nilai 94%,dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media modul pengenalan karir untuk siswa memenuhi kategori sangat baik tidak perlu revisi dapat digunakan sebagai media Bimbingan dan Konseling.
Kata Kunci: pengembangan, modul pengenalan karir.
The problem in this study is the lack of career recognition for students, thus making them unable to understand and consider the career they expect. The purpose of choosing this career module is to provide services to students so they can get to know careers in their lives. This study uses the Research and Development (R&D) method with the Borg and Gall development model which only goes up to five stages, namely research and data collection, planning, product draft development, initial field trials, and revision of test results. Research on the development of a career introduction module for class VIII students of MTS salafiyah Safi'iyah Jombang aims to fulfil the aspects of acceptability, namely, usability, feasibility, accuracy and propriety. Based on the results of the acceptability criteria getting a score of 95% for material experts, media experts getting 89%, and experts for prospective users of Guidance and Counseling Teachers obtained a score of 94%, thus it can be concluded that the career introduction module media for students meets the very good category, no need for revision can be used as a medium of Guidance and Counseling.
Keywords: development, career introduction module.