PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
THE EFFECT OF E-LEARNING BASED LEARNING ON STUDENT LEARNING OUTCOMES
Perkembangan teknologi informasi memiliki dampak yang sangat besar dalam berbagai sisi kehidupan, mulai dari pemerintahan, administrasi, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Pemanfaatan teknologi informasi seperti e-learning yang salah satunya melalui web based learning akan membawa perubahan yang sangat berarti dalam hal sistem pendidikan yang akan dikembangkan, materi yang akan disampaikan, bagaimana proses instruksional dan pembelajaran yang akan dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tidaknya ada pengaruh pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Ngasem Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain Pretest Postest Control. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample. Jumlah sampel penelitian sebanyak 34 siswa untuk kelas kontrol dan 34 siswa untuk kelas eksperimen. Instrumen tes yang digunakan berupa pertanyaan isian dan pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah Annova One Way.
Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung (30,92)> F tabel (3,99) yang artinya Ho ditolak. Selain itu rata-rata peningkatan nilai postest kelas kontrol 65,6 sedangkan untuk kelas eksperimen 84,8. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran secara e-learning pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Disarankan untuk pihak sekolah memberikan dukungan pada pengembangan metode pembelajaran barbasis e-learning dengan memfasilitasi penggunaan internet di sekolah sebagai alat bantu dalam pembelajaran.
Kata kunci: E-learning, baterai, hasil belajar
The development of information technology has a very large impact on various aspects of life, starting from government, administration, economy, education, and others. Utilization of information technology such as e-learning, one of which is through web-based learning, will bring significant changes in terms of the education system that will be developed, the material that will be delivered, how the instructional and learning processes will be carried out.
This study aims to see whether there is an effect of e-learning-based learning in the Basic Automotive Engineering subject on the learning outcomes of class X students at SMKN 1 Ngasem Kediri. This study used the Quasi Experimental method with the Pretest Posttest Control design. Sampling was carried out using a purposive sample technique. The number of research samples was 34 students for the control class and 34 students for the experimental class. The test instrument used is in the form of multiple choice questions. The data analysis used is Annova One Way.
The results showed that the calculated F value was (30.92)> F table (3.99), which means that Ho was rejected. In addition, the average increase in posttest scores for the control class was 65.6 while for the experimental class it was 84.8. This shows that e-learning in the Basic Automative Engineering subject influences student learning outcomes. It is recommended for schools to provide support for the development of e- learning-based learning methods by facilitating the use of the internet in schools as a learning tool.
Keywords : e-learning, battery, learning outcomes