ABSTRAK
PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI
Nama : Arika Celsie Puji Lestari
NIM : 16030174020
Program Studi : Pendidikan Matematika
Jurusan : Matematika
Fakultas :Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Rooselyna Ekawati, Ph.D
E-comic matematika adalah komik yang didukung dengan penggunaan media teknologi yang bertujuan untuk menyampaikan materi pelajaran matematika. Penggunaan e-comic matematika dalam pembelajaran matematika dimaksudkan untuk membantu mengembangkan lingkungan belajar berbasis konstruktivis, lingkungan belajar yang memungkinkan siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) adalah teori pembelajaran dalam pendidikan matematika yang menghubungkan matematika dengan kehidupan nyata dan aktivitas manusia. Perbandingan senilai merupakan salah satu materi dalam matematika, dimana banyak siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah perbandingan senilai. Definisi dari perbandingan senilai itu sendiri adalah perbandingan dari dua atau lebih besaran dimana suatu variable bertambah, maka variable lain bertambah sesuai nilai perbandingannya, dan sebaliknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan e-comic matematika berbasis PMR pada materi perbandingan senilai yang diukur melalui aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. E-comic matematika yang dikembangkan menggunakan pengembangan model ADDIE yang melalui lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk validasi oleh ahli, dan uji lapangan untuk memperoleh data kepraktisan dan efektivitas media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-comic matematika yang telah dinilai oleh validator mendapatkan kriteria yang valid dengan persentase 76,56%, sehingga media dapat dikatakan valid. Hasil angket siswa dalam uji lapangan menunjukkan persentase 75,5% dan hasil analisis lembar aktivitas siswa menunjukkan persentase 98,3% sehingga media memenuhi kriteria praktis. Selain itu, setelah menggunakan e-comic matematika ini sebagian besar siswa mencapai hasil belajar yang sangat baik, hal ini ditunjukkan melalui ketuntasan klasikal hasil tes siswa yaitu 80% yang berarti e-comic matematika memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji lapangan menunjukkan bahwa e-comic matematika berbasis PMR pada materi perbandingan senilai yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: e-comic matematika, pendekatan matematika realistik, perbandingan senilai, ADDIE
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF MATHEMATICS E-COMIC BASED REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) ON PROPORTION MATERIAL
Name : Arika Celsie Puji Lestari
Students ID : 16030174020
Study Progam : Mathematics Education
Department : Mathematics
Faculty : Mathematics and Natural Sciences
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Rooselyna Ekawati, Ph.D
Mathematics e-comic is a comic that supported by the application of technology media to deliver the mathematical theory.The application of mathematics e-comic in mathematics learning is intended to assist develop constructivist-based learning environment, learning environment that allows students to build their own knowledge. Realistic mathematics education (RME) is mathematical theory in mathematics education that are the connection of mathematics with reality life and human activities. Proportion is one of theories in mathematics which are many students makes mistakes in solving the proportion problems. The definition of proportion is the ratio of two or more scale where if a variable increased, then another variable increased according to the value of the proportion, and reversly.
This research aims to describe the process and the result of the development of mathematics e-comic based Realistic Mathematics Education (RME) on proportion material measured by aspects of validity, practicality, and effectiveness. The subjects were students of grade VII. This research was developmental research. Mathematics e-comic was developed use ADDIE model development through five stages such as analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collecting method used in this research were in form of validation by the expert, and the field tests to obtain data practicality and effectiveness of the media.
The results showed that the mathematics e-comic that has been assessed by the validator get the valid criteria with a percentage of 76,56%, so the media can be said to be valid. Student questionnaire results in the field test showed a percentage of 75,5% and student activity results show a percentage of 98.3% so that the media meet the practical criteria. Moreover, after using the mathematics e-comic mostly students achieve excellent learning achievement, it is shown through the classical completeness of students test result that is 80% which means mathematics e-comic meets the effective criteria. Based on the results of expert evaluation and field test showed that mathematics e-comic based RME on proportion material developed has been valid, practical, and effective.
Keywords: mathematics e-comic, realistic mathematics education, proportion, ADDIE