Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Kompetensi dasar Massage wajah di SMK Negeri 6 Surabaya
Using the Direct Instruction to Basic Competency of Face Massage in State Vocational School 6 of Surabaya
Industri kecantikan di Indonesia berkembang sangat pesat. Hal ini harus mampu diimbangi oleh sekolah kejuruan dengan melatih siswanya agar lebih terampil, salah satu kompetensi tersebut adalah Massage wajah. Untuk itu sekolah diharapkan dapat mengembangkan metode dan teknik pengajaran yang bisa meningkatkan keterampilan dan kompetensi siswa. Penerapan model pembelajaran langsung yang tepat merupakan jawaban untuk meningkatkan kompetensi dasar Massage wajah di sekolah. Oleh sebab itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks model pembelajaran langsung, peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotor, aktivitas siswa dan respon siswa selama proses pembelajaran. Jenis penelitian ini Pre Eksperimental Design. Dengan rancangan penelitian menggunakan one group Pretest Posttest Desain. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X Tata Kecantikan SMKN 6 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes pengetahuan dan keterampilan dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterlaksanaan sintaks, aktivitas siswa dan respon siswa secara keseluruhan dikategorikan sangat baik. Hasil belajar siswa yang didapat menunjukkan peningkatan. Hasil uji T kognitif mendapatkan nilai 69.070 dan 19.987 pada ranah psikomotor dengan taraf signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0.05, dengan demikian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kompetensi Massage wajah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Massage wajah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMKN 6 Surabaya.
Beauty Industry in Indonesia grows so fast so Vocational schools, especially having the beauty departments, have to be able to run after by training their students. One of adorable skills is Face Massage. These schools, therefor hopefully have an effort in improving their students output. Direct Instruction is an answer of the need of the Beauty Industry in which this technique is going to build the professional skill of students. This research aims to know the achievement of the syntax of Direct Instruction, the improvement of Cognitive and Psychomotor output result, students activities and responses along the progress. The kind of the research is pre-experimental design. Research Plan uses one group pre and post-test design. The subject of the research is 30 students of X Grade Tata Kecantikan of State Vocational School 6 of Surabaya. The collecting data uses observation method, Knowledge and Skill Test and Questionnaire. The result of the research shows that the achievement of the syntax, activities and responses of students, generally categorised as Good Grade. The output of students study shows an improvement. The result of Cognitive T-Test is 69.07 and 19.987 on the psychomotor skill with 0.000 is less than 0.05 of the signification level. It, hereby shows that the improvement of the Face Massage achievement so it can be concluded that the direct instruction to Basic Competency of Face Massage can improve the result of the students study of X grade Tata Kecantikan of State Vocational School 6 of Surabaya.