Stadi Literatur Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Android Audio Dan Komik Terhadap Pembelajaran
Literature Study Of The Use Of Android Audio And Comic Application Learning Media On Learning
Media pembelajaran adalah suatu inovasi pembelajaran terbaru yang dapat mengikuti setiap perkembangan teknologi. Kurangnya minat belajar siswa dengan pembelajaran konvensional merupakan sebuah permasalahan yang menyebabkan timbulnya berbagai pengembangan dalam media pembelajaran. Perkembangan media pembelajaran dengan teknologi memiliki berbagai macam jenis seperti media pembelajaran menggunakan web atau menggunakan mobile dan juga dengan menggabungkan beberapa gaya belajar dalam meningkatkan keefektifan media pembelajaran tersebut seperti adanya komik yang menarik untuk model belajar visual dan audio untuk model belajar auditori. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui media pembelajaran dengan menggunakanaplikasi android audio atau komik mempengaruhi motivasi belajar, (2) Mengetahui dampak dari media pembelajaran yang menggunakan aplikasi android audio atau komik, dan (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi android audio atau komik untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitan ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan beberapa tahap yaitu : pertanyaan penelitian, proses pencarian, kriteria inklusi dan eksklusi, penilaian kualitas, pengumpulan data, dananalisis data untuk mendapatkan gambaran dampak dari media pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi android dengan adanya model belajar auditori dan visual.Sehingga penelitian ini menghasilkan gambaran media pembelajaran aplikasi android audio dan komik dari 10 jurnal media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android, komik dan audio memiliki dampak yang baik dalam minat belajar rata-rata 80% lebih danpeningkatan juga dalam keaktifan, konsentrasi dan hasil belajarnya. Dengan demikian rekomendasi pengabungan media pembelajaran audio dan komik merupakan pengembangan media pembelajaran yang memiliki dampak positif dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Komik, Audio, Visual, Gaya Belajar.
Learning media is the latest learning innovation that can keep up with every technology development.Lack of student interest in learning with conventional learning is a problem that causes various developments in learning media.The development of learning media with technology has various types such as learning media using the web or using mobile and also by combining several learning styles in increasing the effectiveness of these learning media such as the presence of interesting comics for visual and audio learning models for auditory learning models.This study aims (1) Knowing the learning media using android audio or comic applications affects learning motivation, (2) Knowing the impact of learning media using audio or comic android applications, and (3) Knowing the feasibility of learning media audio or comic android applications for support the learning process.This research uses the Systematic Literature Review (SLR) method with several stages, namely: research questions, the search process, inclusion and exclusion criteria, quality assessment, data collection, and data analysis to get an overview of the impact of learning media using learning media Android applications in the presence of auditory and visual learning models. So that this research produces an overview of learning media audio and comic android applications from 10 learning media journals using android applications, comics and audios to have a good impact on learning interest an average of 80% more and engagement also in activeness, concentration and learning outcomes.Thus the recommendation of combining audio and comic learning media is the development of learning media that has a positive impact and is worthy of use in the learning process.
Keywords: Learning Media, Android Application, Comic, Audio, Visual, Learning Style.