Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-Book Interaktif berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah di SMK Negeri 1 Lamongan. Tujuan dilakukannya pengembangan bahan ajar e-Book Interaktif pendekatan kurikulum 2013 tersebut adalah menunjang proses pembelajaran mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah di dalam kelas dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi-materi sesuai KD secara mandiri, sehingga peserta didik faham dan dapat menyerap pengetahuan pada mata pelajaran tersebut secara optimal. Selain itu, penelitian pengembangan ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap bahan ajar e-Book Interaktif yang telah dikembangkan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Tahap penyebaran tidak dilakukan karena tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan produk sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilakukan pada 10 peserta didik kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Lamongan dan 10 peserta didik kelas XI AKL 2 SMK Negeri 1 Lamongan.
Hasil validasi menunjukkan bahwa penilaian ahli materi pada komponen isi sebesar 83,85%, dan pada komponen penyajian sebesar 80,00%. Penilaian ahli Bahasa sebesar 87,79%. Penilaian ahli kegrafisan sebesar 85,80%. Total rata-rata validasi keseluruhan ahli sebesar 84,34% dengan interpretasi sangat memahami. Uji coba produk pada peserta didik menunjukkan rata-rata skor pengembangan bahan ajar e-Book Interaktif sebesar 86,75% dengan interpretasi sangat memahami. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar e-Book Interaktif Pendekatan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Lamongan dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan bahan ajar e-Book Interaktif yang lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat mengoptimalkan penyerapan materi pelajaran oleh mereka
The purpose of this development research is to develop a teaching material in the form of an interactive e-Book based on Scientific Approach on the subject of accounting practicum of Government institution/agency in SMK Negeri 1 Lamongan. The purpose of the teaching material development of interactive e-Book curriculum approach 2013 is to support the learning process of teaching laboratory subjects/government agencies in the classroom and facilitate the learners in Understand the materials according to basic competencies independently, so that the learners understand and can absorb the knowledge on the subject optimally. In addition, this development research aims to determine the feasibility and response of learners to the developed interactive e-Book teaching materials. The model used in this development research is the model of 4D development from Thiagarajan with 4 stages of define, design, development and dissemination. The deployment phase is not carried out because the purpose of this research is for product development as a learning resource. This research was conducted on 10 learners class XI AKL 1 SMK Negeri 1 Lamongan and 10 learners class XI AKL 2 SMK Negeri 1 Lamongan.
The validation results indicate that the expert assessment of the content on the contents component was 83.85%, and the serving component was 80.00%. Expert assessment of the language is 87.79%. The expert rating of the graphic is 85.80%. The overall total validation average of the expert is 84.34% with very decent interpretation. Product trials in learners show the average interactive e-Book development score of 86.75% with very understanding interpretation. So it can be concluded that the research materials development teach interactive E-Book curriculum approach 2013 on the subjects of Practicum Accounting Agency/Agency class XI AKL SMK Negeri 1 Lamongan declared worth use as a material Teach. Suggestions for researchers can then develop interactive e-Book teaching materials that are more attractive and can increase the motivation of learning learners so as to optimize the absorption of the lesson material by them.