Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Matematika Materi Statistika untuk Siswa Kelas 7 SMP
Development of Project-based Learning Materials in Mathematics on Statistics for 7th-grade Students
Dalam pembelajaran saat ini, matematika berperan penting untuk memfasilitasi siswa mengembangkan berbagai kemampuan di abad ke-21. Penting bagi guru untuk menyesuai-kan model dan perangkat pembelajaran berdasarkan karakteristik generasi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi-kan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek pada materi statistika kelas 7 SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Adapun subjek penelitian ini terbagi atas dua skema, yakni pada uji micro-evaluation terdapat dua guru yang mengajar masing-masing enam siswa kelas 7 sedangkan pada uji try-out terdapat satu guru yang mengajar 32 siswa kelas 7 di SMPN 61 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, kuesioner respons siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan asesmen hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan untuk memeroleh kriteria valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kriteria sangat valid melalui uji validasi, yakni 91,8%; 91,1%; 97,78% untuk modul ajar dan 95,2%; 93,6%; 96% untuk lembar kerja proyek. Perangkat pembelajaran berbasis proyek juga memeroleh kriteria praktis yang diharapkan melalui uji walkthrough dan praktis aktual, yaitu 87,5% untuk kelas mikro 1 dan 86,93% untuk kelas mikro 2. Adapun kriteria efektif dipenuhi setelah kelas try-out memeroleh kriteria ketuntasan klasikal 87,5%. Dengan demikian, diperoleh perangkat pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran matematika materi statistika yang valid, praktis, dan efektif.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek, Statistika
Mathematics plays a crucial role in facilitating students' development of various skills in the 21st century. It is important for teachers to adapt instructional models and tools based on the characteristics of the current generation. The objective of this research is to describe the process and outcomes of developing project-based learning materials on 7th-grade statistics that are valid, practical, and effective. This study utilizes the Plomp development model, which consists of preliminary research, prototyping phase, and assessment phase. The research subjects are divided into two schemes: the micro-evaluation test involves two teachers, each teaching six students in 7th grade, while the try-out test involves one teacher teaching 32 students in 7th grade at SMPN 61 Surabaya. The research instruments used include validation sheets, questionnaires, implementation feasibility sheets, and learning outcome assessments. Data analysis techniques are employed to determine the criteria of validity, practicality, and effectiveness. Based on the conducted research, the project achieved high validity criteria, with 91.8%, 91.1%, and 97.78% for the instructional module and 95.2%, 93.6%, and 96% for the project worksheets through validation test. The project-based learning materials also met expected practicality criteria by walkthrough test and actual practicality, with 86.36% for micro-class 1 and 85.79% for micro-class 2. Furthermore, the effectiveness criteria were met as the try-out class achieved a classical mastery level of 87.5%.
Keywords: Project-based Learning, Project-based Learning Material, Statistics