Pada perkembangan sosial emosional anak, pengasuhan yang diterapkan berdampak untuk memberi stimulus pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal. Pemberian pengasuhan yang tidak baik bisa berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi tidak optimal. Adanya penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pola asuh orang tua di PAUD Tunas Cendekia serta mengkaji penerapan pola asuh orang tua dalam perkembangan sosial emosional anak di PAUD Tunas Cendekia. Metode penelitian yang dilakukan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, konfrimabilitas dan transferabilitas. Terkait kondensasi data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menujukkan terdapat tiga jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yaitu otoriter anak memiliki perilaku kurang memiliki rasa ingin tau, cenderung pendiam, cenggeng dan kurang bisa menuangkan emosi kearah yang positif, untuk demokratis anak memiliki perilaku sopan, percaya diri, mudah bersosialisasi, rasa keingintahuan yang tinggi, aktif, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan dapat berkerjasama dengan baik dan permisif anak memiliki perilaku cenggeng, mudah menyerah dan pemarah.
Kata Kunci : Pola Asuh, Perkembangan Sosial Emosional Anak, Pendidikan Anak Usia Dini
In the social emotional development of children, the care that is applied has an impact on providing a stimulus for optimal growth and development of children. Providing care that is not good can have an impact on the growth and development of children to be not optimal. The existence of this study is to describe the application of parenting patterns in Tunas Cendekia PAUD and to examine the application of parenting in the socio-emotional development of children in Tunas Cendekia PAUD. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews, participatory observation, and documentation. Checking the validity of the data in this study consisted of credibility, dependability, conformability and transferability. Regarding data condensation, it consists of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion and verification. The results of the study show that there are three types of parenting applied by parents, namely authoritarian children have less curiosity, tend to be quiet, crybaby and are less able to express emotions in a positive direction, for democratic children have polite behavior, self-confidence, easy to socialize, high curiosity, active, have a good leadership spirit and can cooperate well and permissive children have whiny behavior, give up easily, get angry and don't like challenges.
Keywords : Parenting, Children's Social Emotional Development, Early Childhood Education Programs