MEDIA MATHEMATICAL INTELLIGENCE STICK DALAM PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PADA ANAK TUNAGRAHITA
MEDIA MATHEMATICAL INTELLIGENCE STICKS IN ARITHMETIC OPERATION LEARNING FOR MENTALLY RETARTADED CHILDREN
Anak tunagrahita memiliki kecerdasan intelektual di bawah rata-rata, hal ini berdampak pada kemampuan operasi hitung yang dimilikinya. Operasi hitung merupakan salah satu kemampuan yang berperan penting pada anak tunagrahita dalam meningkatkan kemandirian dan menyelesaikan masalah pada kehidupan sehari-hari. Kemampuan operasi hitung perlu diajarkan pada anak tunagrahita, dalam mengajarkan operasi hitung pada anak tunagrahita dibutuhkan media pembelajaran konkret untuk memudahkan anak memahami informasi abstrak, salah satu media yang digunakan yaitu media mathematical intelligence stick. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media mathematical intelligence stick dalam pembelajaran operasi hitung pada anak tunagrahita. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu literature review dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengkaji 15 jurnal diantaranya 9 jurnal internasional dan 6 jurnal nasional yang berkaitan dengan penelitian. Hasil analisis menunjukan bahwa media mathematical intelligence stick merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk memudahkan anak tunagrahita dalam pembelajaran operasi hitung matematika dengan pendampingan dari pihak sekolah dan orang tua anak tunagrahita.
Kata kunci: Mathematical intelligence Stick, operasi hitung, tunagrahita
Children with mental retardation have intellectual intelligence below the average, this has an impact on their arithmetic operation ability. Arithmetic operations are one of the abilities that play an important role in mentally retarded children in increasing their independence and solving problems in daily life. Arithmetic operations need to be taught to mentally retarded children, in teaching arithmetic operations to mentally retarded children, concrete learning media are needed to make it easier for children to understand abstract information, one of the media that can be used is mathematical intelligence stick media. This study aims to analyze the mathematical intelligence stick media in learning arithmetic operations in mentally retarded children. The method used in this study is a literature review with qualitative descriptive data analysis techniques. This study examines 15 journals including 9 international journals and 6 national journals related to research. The results of the analysis showed that the mathematical intelligence stick media is alternative learning that can be used to facilitate mentally retarded children in learning mathematical arithmetic operations with assistance from the school and parents of mentally retarded children.
Keywords: Mathematical intelligence stick, arithmetic operation, mental retardation