LIRIK LAGU LASS UNS GEHEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN SMA
LASS UNS GEHEN SONG LYRICS AS A LEARNING MEDIA FOR SENIOR HIGH SCHOOL GERMAN READING SKILLS
ABSTRAK
Bahasa Jerman merupakan mata pelajaran bahasa asing lintas minat yang diajarkan pada jenjang SMA di Indonesia. Bagi pembelajar pemula Bahasa Jerman perlu suatu kemampuan untuk memahami kosakata dan tata bahasa agar dapat memahami sebuah bacaan, salah satunya yaitu keterampilan membaca. Selain itu, media juga diperlukan untuk memotivasi peserta didik dalam menikmati proses pembelajaran, salah satunya melalui lirik lagu. Artikel ilmiah ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi pustaka. Rumusan masalah yang dikaji yaitu “bagaimana kesesuaian lirik lagu Lass Uns Gehen untuk media pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Jerman kelas XII di SMA”. Tujuan penyusunan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui bisa atau tidaknya lirik lagu yang berjudul Lass Uns Gehen digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Jerman kelas XII di SMA. Lirik lagu yang berjudul Lass Uns Gehen karya Revolverheld merupakan objek yang di analisis dalam artikel ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa lirik lagu Lass Uns Gehen termasuk ke dalam media pembelajaran berupa teks yang bisa digunakan pada keterampilan membaca Bahasa Jerman di SMA, dan dapat dijadikan bahan bacaan, yang memuat beberapa materi pembelajaran Bahasa Jerman yang telah disesuaikan berdasarkan Kurikulum 2013 berupa Wortschatz dan Redemittel bertemakan Urlaub. Media ini cocok untuk diterapkan pada langkah pembelajaran saintifik bermodel Problem Based Learning.
Kata Kunci: Lirik Lagu, Lass Uns Gehen, Media Pembelajaran, Keterampilan Membaca.
ABSTRACT
German is a cross-interest foreign language subject taught at the senior high school level in Indonesia. For beginners German learners need an ability to understand vocabulary and grammar in order to understand a reading, one of which is reading skills. In addition, media is also needed to motivate students in enjoying the learning process, one of which is through song lyrics. This scientific article uses a qualitative approach that is literature study. The formulation of the problem studied is “how is the suitability of the lyrics of the Lass Uns Gehen song for learning media for learning German reading skills for class XII in the senior high school”. The purpose of compiling this scientific article is to determine whether or not the lyrics of the song entitled Lass Uns Gehen are used as a medium for learning reading skills in German subjects for class XII in the senior high school. The lyrics of the song titled Lass Uns Gehen by Revolverheld are the objects analyzed in this article. The results of the analysis show that the lyrics of the song Lass Uns Gehen are included in the learning media in the form of text that can be used in German reading skills in the senior high school, and can be used as reading material, which contains several German learning materials that have been adapted based on the 2013 Curriculum in the form of Wortschatz and Redemittel with the theme Urlaub. This media is suitable to be applied to the step of scientific learning modeled with Problem Based Learning.
Keywords: Song lyrics, Lass Uns Gehen, Learning Media, Reading skills.