Pendidikan karakter belakangan ini sering disebut-sebut lagi. Banyak kalangan yang mensosialisasikannya, seperti sesuatu yang baru. Namun setelah dipahami definisi pendidikan dalam UU nomor 20 tahun 2003, pendidikan itu sudah mencakup pendidikan karakter yang kini kembali disebut-sebut. Tujuan utama dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan kepramukaan di SD Negeri Betro Sedati Sidoarjo, (2) Mendeskripsikan upaya pembina pramuka dalam pembentukan nilai-nilai karakter jujur dalam pikiran perkataan dan perbuatan siswa kelas II SD Negeri Betro Sedati Sidoarjo, (3) Mendeskripsikan proses kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkembangkan perilaku jujur dalam pikiran perkataan dan perbuatan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk memahami upaya pembentukan karakter jujur pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Betro melalui kegiatan kepramukaan. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan pengembangan pendidikan karakter di SDN Betro Sedati Sidoarjo terutama pada karakter jujur sudah baik. Pelaksanaan kegiatan kepramukaan di SDN Betro Sedati Sidoarjo berjalan lancar sesuai prosedur yang direncanakan. Perkembangan karakter jujur pada pelaksanaan Pramuka Siaga dikategorikan sangat baik sesuai dengan hasil penelitian dan analisis data yang didapatkan pada kegiatan kepramukaan.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan
Recent character education is often mentioned again. Many people socialize it, like something new. But after understanding the definition of education in Law number 20 of 2003, education has included character education which is now being re-mentioned. The main objectives of this study were to (1) describe the implementation of scouting activities at SD Negeri Betro Sedati Sidoarjo, (2) describe the efforts of scout coaches in forming honest character values in the minds of words and actions of class II SD Negeri Betro Sedati Sidoarjo students, ( 3) Describe the process of scouting activities in fostering honest behavior in thoughts of words and deeds.
The approach used in this study is qualitative research to understand the efforts to establish honest character in class II Betro State Elementary School students through scouting activities. The qualitative approach in this study was carried out in the form of descriptive analysis.
Based on the results of the study, it can be concluded that the development of character education at SDN Betro Sedati Sidoarjo, especially on honest characters is good. Scouting activities at SDN Betro Sedati Sidoarjo went smoothly according to the planned procedure. Honest character development in the implementation of Alert Scouts is categorized very well according to the results of research and data analysis obtained in scouting activities.
Keywords: Character Education, Extracurricular Activities Scouting