Ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Dongko Kabupaten Trenggalek salah satunya seni karawitan yang terbentuk pada tahun 2009 terbentuk atas dasar antusias siswa yang sangat banyak terhadap seni karawitan dan kesenian paling berpotensi ketertarikan tersebut dilandasi dengan rumusan masalah yaitu bagaimana profil ekstrakurikuler kesenian karawitan di SMAN 1 Dongko Kabupaten Trengglek dan bagaimana proses pembelajaran kesenian karawitan sebagai media pembentukan karakter di SMAN 1 Dongko Kabupaten Trenggalek
Teori yang digunakan dalam pelaksanann pembelajaran adalah teori pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan studi lapangan observasi wawancara dan dokumentasi validasi data berupa triangulasi sumber dan triangulasi metode analisis data reduksi data penyajian data dan pengambilan kesimpilan
Hasil penelitihan dan pembahasan ini menunjukan bahwa ekstrakurikuler seni karawitan di SMAN 1 Dongko kabupaten Trenggalek sebagai media pembentukan karakter berdasarkan rumusan masalah yang pertama profil ekstrakurikuler kesenian karawitan di SMAN 1 Dongko Kabupaten Trengglek memiliki visi misi tujuan serta struktur organisasi kepengurusan yang sudah tetap yang kedua proses pembelajaran kesenian karawitan sebagai media pembentukan karakter di SMAN 1 Dongko Kabupaten Trenggalek menggunakan metode media serta materi yang sudah pasti sehingga proses pelaksanaan ekstrakurikuler seni karawitan dapat berjalan dengan lancar Ekstrakurikuler seni karawitan sebagai media pembentukan karakter di SMAN 1 Dongko memperoleh hasil yang kurang maksimal dikarena setiap siswa memiliki karakter yang berbeda sehingga sebagian siswa tidak terjadi perubahan tingkah laku sesuai dengan harapan
Extracurricular at SMAN 1 Dongko Trenggalek Regency one of which is karawitan art which was formed in 2009 formed on the basis of very much student enthusiasm for musical arts and the most potential arts interest is based on the formulation of the problem namely how to profile karawitan art extracurricular at SMAN 1 Dongko Trengglek Regency and how is the learning process of karawitan art as a medium for character building at SMAN 1 Dongko Trenggalek Regency
The theory used in implementing learning is character education theory using a qualitative research approach data collection techniques in the form of literature studies and field studies observation interviews and documentation data validation in the form of source triangulation and method triangulation data analysis data reduction data presentation and data presentation decision making
The results of this research and discussion show that the extracurricular karawitan art at SMAN 1 Dongko Trenggalek district as a character building media based on the first problem formulation of karawitan art extracurricular profiles at Dongko 1 Public High School Trengglek Regency has a permanent vision goals and organizational structure the second Karawitan art learning process as a medium for character building at Dongko 1 Public High School Trenggalek Regency uses certain methods media and material so that the process of extracurricular activities in karawitan art can run smoothly
Extracurricular karawitan art as a medium of character building at SMAN 1 Dongko obtained less than optimal results because each student has a different character so that some students do not change their behavior in accordance with expectations