Media gambar acak adalah media berupa beberapa potongan gambar yang saling terkait sehingga dapat membentuk suatu cerita. Media gambar dapat digunakan pada materi keterampilan menulis narasi, karena pada tiap potongan gambar dapat digunakan untuk menyusun kerangka cerita narasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar acak terhadap keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas IV SDN Kandangan I/121.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kandangan I/121. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV-A SDN Kandangan I/121 dan kelas IV-B SDN Kandangan I/121. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 25 for windows.
Penelitian ini menggunakan uji beda Mann-Whitney yang merupakan uji beda non parametrik, yang tidak mengasumsikan normalitas data. Hasil dari uji hipotesis menunjukan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,019. Nilai tersebut menandai adanya pengaruh yang dibuktikan dengan nilai p yang lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05), maka HA yang diajukan diterima.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar acak terhadap keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas IV SDN Kandangan I/121.
Kata Kunci : gambar acak, keterampilan menulis, narasi sugestif
The random images media is media in the form of several related images that can form a story. Picture media can be used in narrative writing skills material because in each picture piece can be used to compile narrative story frames.The purpose of this research was to determine the effect of using random image media on suggestive narrative writing skills of fourth-grade students at SDN Kandangan I / 121.
This research used Quasi-Experiment method. The research design used was the Nonequivalent Control Group Design. The population for this study was all fourth-grade students of SDN Kandangan I / 121. The sample in this study was class IV-A SDN Kandangan I / 121 and class IV-B SDN Kandangan I / 121. The sampling technique used is Purposive Sampling. Data collection techniques using tests and observations. The data analysis technique uses validity, reliability, normality, and hypothesis test used SPSS version 25 software for Windows.
This study use the Mann-Whitney difference test which is a non-parametric difference test, which does not assume data normality. The results of the hypothesis test show the significance value obtained is 0.019. This value indicates the effect that is evidenced by a p-value smaller than 0.05 (p <0.05), then the proposed Hypothesis is accepted.
Based on the results of data analysis that has been done, it can be concluded that there is an effect of using random image media on suggestive narrative writing skills of fourth-grade students at SDN Kandangan I / 121.
Keywords: random image, writing skills, suggestive narrative