Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori melalui teori tindak sosial Max Weber guna mengidentifikasi aspek legitimasi. Secara bertahap, penelitian membahas kajian struktural novel, bentuk tindak rasionalitas nilai, bentuk tindak rasionalitas instrumental, bentuk tindak afektif, bentuk tindak tradisional, dan bentuk legitimasi negara yang diterima oleh mahasiswa dalam novel Laut Bercerita. Sebagai penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan mimetik dengan sumber data penelitian novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori yang terbit pada 2017 serta beberapa dokumen tertulis dan visual yang memuat legitimasi pada masa Orde Baru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dengan teknik simak catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode sosiologi sastra Max Weber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pembacaan hermeneutika
Hasil dari penelitian ini adalah (1) struktural fiksi dalam novel Laut Bercerita yang terdiri dari fakta cerita yang terdiri atas, sarana sastra, tema dan amanat. Alur campuran, tokoh yang berjumlah 30 orang di bab pertama dan kedua, latar tempat dan waktu dalam novel LB merupakan peristiwa yang dialami para tokoh, sedangkan latar sosial merupakan latar sosial keluarga para aktivis dan mahasiswa dan latar sosial dengan kebijakan-kebijakan sosial pada masa Orde Baru. Sudut pandang dalam novel LB orang pertama pelaku utama pada bab 1 sedangkan pada bab 2 sudut pandang orang pertama pelaku sampingan karena tokoh “aku” menceritakan tokoh lain. Tema mayor dalam novel LB adalah legitimasi dan dominasi, sedangkan tema minor berisi tentang perjuangan, keluarga, dan kesedihan. Amanat dalam novel LB berdasarkan isi novel yakni tetap berkontribusi, tidak menyerah dalam berjuang dan terutama agar masyarakat tahu bagaimana ketika masa Orde Baru pendapat dibungkam, menenteng buku sastra berarti menenteng bom, pemerintah dan intel yang berkuasa bertindak sewenang-wenang bahkan mahasiswa dihilangkan. (2) legitimasi negara dalam bentuk tindak rasionalitas nilai berjumlah sebelas bentuk seperti karya sastra dilarang, media dibungkam, melarang berhubungan dengan keluarga, penghilangan hak demokratis, kondisi keluarga yang menganggap anak-anaknya masih hidup, unjuk rasa mahasiswa yang menganggap negara salah, gerakan mahasiswa Winatra, Wirasena, dan Taraka, aksi Blangguan, masyarakat yang tidak peduli, aksi payung hitam, dan kondisi moral orang yang mencari anggota keluarga. (3) legitimasi negara dalam bentuk tindak rasionalitas instrumental sebanyak dua puluh dua bentuk seperti kekuatan negara dipegang kuat oleh militer, pelarangan berdiskusi, tidak adanya kebebasan berekspresi dan politik, pembredelan tiga media, intimidasi petani, intimidasi keluarga mahasiswa, pencarian orang yang menentang, dipenjara di ruang bawah tanah, interogasi secara keji, alat negara diktaktorial, pengancaman terhadap mahasiswa, penyiksaan terhadap orang yang menentang Orde Baru, penindasan terhadap rakyat, alat negara acuh, persaingan politisi, korupsi, pengasingan rakyat, pengepungan mahasiswa menggunakan senjata, pengintaian, Desaparasidos, tak ada keadilan, dan dampak tindak sosial rasionalitas instrumental. (4) legitimasi negara dalam bentuk tindak afektif sebanyak enam belas bentuk seperti, (5) legitimasi negara dalam bentuk tindak tradisional seperti kepemimpinan yang menjadi kebiasaan seperti DPR dan DPRD seperti septic tanc, aparat militer yang melakukan tindak kekerasan, kelambanan negara dalam menyelesaikan masalah, Desaparasidos, aksi di depan istana negara, aksi baju hitam dan payung hitam, aksi kamisan, melakukan pertemuan, dan kebiasaan keluarga di hari minggu., dan (6) legitimasi negara yang diterima oleh mahasiswa.
This study aims to describe the novel Laut Bercerita by Leila S. Chudori through Max Weber's social action theory to identify legitimacy aspects. Gradually, the research discusses structural novel studies, action of rationality value, action of instrumental rationality, action of affective, traditional forms of action, and action of state legitimacy accepted by students in the novel Laut Bercerita. As a qualitative study, this study used a mimetic approach with novel research data sources Laut Bercerita by Leila S. Chudori published in 2017 as well as several written and visual documents that contained legitimacy during the New Order era. The data collection method used in this study is the literature study method with the note-taking technique. The data analysis method used is Max Weber's literary sociology method. The data analysis technique used in this study is the hermeneutic reading technique.
The results of this study are (1) structural fiction in the novel Laut Bercerita which consists of facts of the story consisting of literature, themes and mandates. Mixed flow, 30 characters in the first and second chapters, place and time settings in LB's novels are events experienced by leaders, while social settings are the social setting of the families of activists and students and social settings with social policies during the Order New. The viewpoint in LB's novel is the first person and the main actor in chapter 1 while in the chapter 2 the perspective of the first person is a side actor because the character "I" tells another character. The major theme in LB's novels is legitimacy and dominance, while minor themes are about struggle, family, and sadness. The mandate in the novel LB is based on the contents of the novel that is contributing, not giving up in struggling and especially the public knows how when the New Order era was silenced, carrying literary books meant carrying bombs, the government and intelligence authorities acting arbitrarily and even students were eliminated. (2) the legitimacy of the state in the form of acts of rationality totaling eleven forms such as literary works is banned, the media is silenced, prohibited from relating to family, the elimination of democratic rights, family conditions that consider children still alive, student demonstrations that consider the country wrong, student movements like Winatra, Wirasena, and Taraka, Blangguan action, ignorant people, black umbrella actions, and moral conditions of people looking for family members. (3) state legitimacy in the form of instrumental rationality as many as twenty-two forms such as state power held by the military, banning discussion, lack of freedom of expression and politics, three media bans, peasant intimidation, intimidation of student families, search for opposing people, imprisonment in the basement, cruel interrogation, dictatorial state instruments, threats to students, torture of people who oppose the New Order, oppression of the people, tools of ignorant state, politician competition, corruption, people's exile, siege of students using weapons, surveillance, Desaparesidos, there is no justice, and the social impact of instrumental rationality. (4) state legitimacy in the form of affective actions as many as sixteen forms such as (5) state legitimacy in the form of traditional actions such as leadership that becomes customary such as DPR and DPRD such as septic tank, military apparatus who commit violence, state slowness in solving problems, Desaparesidos, the action in front of the state palace, the action of black umbrella and clothes, kamisan action, meetings, and the family habits on Sundays, and (6) the legitimacy of the state accepted by students.