Profil Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Gaya Belajar
Profile Of Student Mathematical Connection In Aritmethic Sequences And Series Based On Learning Styles
Koneksi matematis adalah keterkaitan antar konsep-konsep matematika secara internal dan eksternal. Secara internal yaitu keterkaitan antar konsep-konsep matematika itu sendiri, secara eksternal yaitu keterkaitan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil koneksi matematis siswa yang bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik pada materi barisan dan deret aritmetika. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Sumenep yang terdiri dari satu siswa bergaya belajar visual, satu siswa bergaya belajar auditori dan satu siswa bergaya belajar kinestetik. Kriteria subjek penelitian pada penelitian ini yaitu berjenis kelamin sama dan memiliki nilai tes kemampuan matematika tinggi dan setara. Instrumen penelitian ini terdiri dari Kuesioner Gaya Belajar, Tes Kemampuan Matematika, dan Tes Koneksi Matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Indikator dalam penelitian ini mengacu pada tiga aspek dalam koneksi matematis yaitu koneksi antar konsep matematika, koneksi antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, dan koneksi antara konsep matematika dengan disiplin ilmu lain. Indikator pada aspek koneksi antar konsep matematika yaitu mengidentifikasi konsep-konsep matematika dari soal, mengidentifikasi keterkaitan konsep-konsep matematika dari soal, menggunakan keterkaitan antar konsep matematika dalam menyelesaikan soal. Indikator pada aspek koneksi antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari yaitu menggunakan keterkaitan konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Indikator pada aspek koneksi antara konsep matematika dengan disiplin ilmu lain yaitu menggunakan keterkaitan konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan ekonomi. Berdasarkan analisis yang digunakan, hasil penelitian ini sebagai berikut: siswa bergaya belajar visual memenuhi indikator pada aspek koneksi antar konsep matematika, memenuhi indikator pada aspek koneksi antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, memenuhi indikator pada aspek koneksi antara konsep matematika dengan disiplin ilmu lain. Siswa bergaya belajar auditori memenuhi indikator pada aspek koneksi antar konsep matematika, memenuhi indikator pada aspek koneksi antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, memenuhi indikator pada aspek koneksi antara konsep matematika dengan disiplin ilmu lain. Siswa bergaya belajar kinestetik tidak memenuhi satu indikator pada aspek koneksi antar konsep matematika yaitu menggunakan keterkaitan konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika, memenuhi indikator pada aspek koneksi antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, memenuhi indikator pada aspek koneksi antara konsep matematika dengan disiplin ilmu lain, namun tidak sampai pada penyelesaian akhir.
Mathematical connection is the linkage between mathematical concepts internally and externally, internally, namely the linkage between the mathematical concepts themselves, externally, namely the linkage between mathematical concepts with other disciplines and everyday life. This study aims to describe the profile of students' mathematical connections with visual, auditory and kinesthetic learning styles in the material of arithmetic sequences and series. The research subjects were students of class XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Sumenep consisting of one student with a visual learning style, one student with an auditory learning style and one student with a kinesthetic learning style. The criteria for research subjects in this study were that they were of the same gender and had high and equal scores on mathematical ability tests. The research instruments consisted of a Learning Style Questionnaire, Mathematical Ability Test, and Mathematical Connection Test. The research method used in this research is descriptive qualitative. The indicators in this study refer to three aspects of mathematical connections, namely connections between mathematical concepts, connections between mathematical concepts with everyday life, and connections between mathematical concepts with other disciplines. Indicators on the connection aspect between mathematical concepts are identifying mathematical concepts from the question, identifying the linkage between mathematical concepts from the question, using the linkage between mathematical concepts in solving the question. The indicator on the aspect of the connection between mathematical concepts with everyday life is using the linkage of mathematical concepts in solving question related to everyday life. The indicator on the connection aspect between mathematical concepts with other disciplines is using the linkage of mathematical concepts in solving question related to economics. Based on the analysis used, the results of this study are as follows: student with a visual learning style fulfill indicators on aspects of connections between mathematical concepts, fulfill indicator on aspects of connections between mathematical concepts with everyday life, fulfill indicator on aspects of connections between mathematical concepts with other disciplines. Student with a auditory learning style fulfill indicators on aspects of connection between mathematical concepts, fulfill indicator on aspects of connections between mathematical concepts with everyday life, fulfill indicator on aspects of connections between mathematical concepts with other disciplines. Student with a kinesthetic learning style doesn’t fulfill one indicator on the connection aspect between mathematical concepts, namely using the connection of mathematical concepts in solving question of arithmetic sequences and series, fulfill the indicator on the connection aspect between mathematical concepts with everyday life, fulfill the indicator on the connection aspect between concepts mathematics with other disciplines, but didn’t arrive to a final solution.