Eksplorasi Konsep Dasar Koordinat Kartesius dalam Q.s An-Nisa: 36 di Sekolah Dasar
Exploration of the Basic Concept of Cartesian Coordinates in Q.s An-Nisa: 36 for Elementary School
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti saat melaksanakan kegiatan relawan mengajar di sekolah dasar. Peneliti menemukan kurangnya penanaman nilai karakter pada siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi konsep dasar kartesius yang dikaitkan dengan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam Q.s. An-Nisa’ :36 pada materi menentukan posisi titik dalam system koordinat kartesius di kelas VI Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakn pendekatan model Spradley (etnografi). Hasil penelitian ini memaparkan bahwa guru perlu melalukan penanaman nilai-nilai karakter pada siswa yang berkaitan dengan ketakwaan dan berbuat baik kepada sesama manusia sebagaimana yang terdapat dalam nilai-nilai Q.s An-Nisa’:34. Pendidik berperan penting dalam membentuk karakter peserta didiknya. Melalui eksplorasi konsep dasar koordinat kartesius yang dikaitkan dengan nilai-nilai karakter dalam Al-Qur’an, diharapkan pendidik mampu mengarahkan setiap peserta didiknya untuk menjalankan perilaku baik yang sesuai dengan perintah agama. Hasil dari paparan data yang telah ditemukan, mendapatkan tanggapan baik dari pendidik yang mengajarkan Matematika di kelas VI SDN Puri Semanding I bahwa penanaman nilai moral yang terdapat pada Q.s An-Nisa’:36 perlu ditanamkan sejak dini pada peserta didik.
Kata Kunci: eksplorasi, koordinat kartesius, nilai karakter.
This research is motivated by the researcher's experiences while volunteering to teach at several elementary schools. The researcher observed a lack of character values being instilled in elementary school students. This study aims to explore the basic concepts of Cartesian coordinates to connect the character values from Surah An-Nisa’:36 to the lesson on determining the position of points in a Cartesian coordinate system for sixth-grade elementary school students. This research utilizes qualitative research with a data analysis approach using Spradley's model (ethnography). The findings reveal that teachers need to cultivate students' character values related to purity and kindness towards others based on the exploration of values from Surah An-Nisa’:34. Teachers play a crucial role in shaping the moral character of their students. By explore the basic concepts of Cartesian learning with character values from the Qur’an, educators hope to guide each student to avoid actions prohibited by religion. The data findings received positive responses from Mathematics educators at SDN Puri Semanding I regarding the importance of instilling character values found in Surah An-Nisa’:36 early on in students.
Keywords: exploration, cartesian coordinates, character values.