Register Used by League of Legends E-sport Commentators: A Sociolinguistic Study
Abstrak
Komentator League of Legends E-sport dapat mendeskripsikan pertandingan League of Legends menggunakan istilah yang berbeda dari kompetisi olahraga lainnya. Penonton yang belum familiar dengan kompetisi League of Legends E-sport akan kesulitan memahami penjelasan dari komentator. Penonton yang bukan bagian dari komunitas League of Legends mungkin tidak memahami beberapa istilah yang digunakan oleh komentator League of Legends E-sport. Istilah yang digunakan oleh para komentator disebut register. Register digunakan oleh komentator League of Legends E-sport untuk menjelaskan kata atau istilah spesifik yang digunakan dalam kompetisi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang istilah spesifik dan umum yang digunakan oleh komentator League of Legends E-sport dan mengidentifikasi fungsi bahasa berdasarkan register yang digunakan. Penelitian ini didasarkan pada bidang sosiolinguistik dan difokuskan pada register dan fungsi bahasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan dokumentasi untuk pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan bentuk ucapan dari komentator League of Legends E-sport yang diambil dari video Youtube League of Legends sebagai objek data. Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk teknik analisis data. Dalam penelitian ini, ada dua bentuk register yang digunakan oleh komentator League of Legends E-sport. Bentuk pertama adalah closed register yang merupakan bentuk register khusus yang hanya digunakan oleh komentator League of Legends E-sport. Bentuk kedua adalah more open register yang merupakan bentuk umum dari register. Berdasarkan register yang digunakan, ada tiga fungsi bahasa yang digunakan oleh komentator League of Legends E-sport. Fungsi pertama adalah fungsi heuristik yang digunakan untuk memberikan pertanyaan yang menuntut jawaban. Fungsi kedua adalah fungsi interaksi yang digunakan untuk menghubungkan kontak antara pihak yang berkomunikasi. Fungsi ketiga adalah fungsi representasi yang digunakan untuk memberikan informasi, menyampaikan fakta, dan membuat pernyataan.
Kata Kunci: E-sport, League of Legends, Register, Sosiolinguistik.
Abstract
League of Legends E-sport commentators may describe League of Legends matches using different terms from other sports competitions. Viewers who are not familiar with the League of Legends E-sport competition will find it difficult to understand the explanation from commentators. Viewers who are not part of the League of Legends community may not understand some of the terms used by League of Legends E-sport commentators. The terms used by the commentators are called register. Register is used by League of Legends E-sport commentators to explain the specific words or terms used in the competition. This study aims to provide an understanding of the specific and general terms used by League of Legends E-sport commentators and identify the language functions based on the register used. This research is based on sociolinguistic field and focused on register and language function. This study used qualitative method that used documentation to collect the data. This study used utterances from the League of Legends E-sport commentators taken from League of Legends Youtube videos as the object of the data. Data condensation, data display, and conclusion drawing are used for data analysis technique. In this study, there are two kinds of registers used by League of Legends E-sport commentators. The first is closed register which is a special register form that is only used by commentators of League of Legends E-sport. The second is more open register which is a general form of register. Based on the register used, there are three language functions used by League of Legends E-sport commentators. The first function is the heuristic function that is used to give questions that demand answers. The second function is the interaction function used to connect contacts between communicating parties. The third function is the representation function used to provide information, deliver facts, and make statements.
Keywords: E-sport, League of Legends, Register, Sociolinguistics.