PENGEMBANGAN MOTION GRAPHIC MATERI PENULISAN NASKAH VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DEVELOPMENT OF MOTION GRAPHIC VIDEO SCRIPT WRITING MATERIALS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES FOR S1 STUDENTS OF EDUCATION TECHNOLOGY STATE UNIVERSITY OF SURABAYA
Media pembelajaran dibutuhkan untuk memudahkan pemahaman materi pada pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, teknologi lah yang efisien dan efektif dibutuhkan untuk pengembangan professional. Sebagai salah satu media pembelajaran, motion graphic merupakan perpaduan elemen bersifat media visual yang menggabungkan gerak dengan desain grafis, baik berupa 2 dimensi atau 3 dimensi yang dilengkapi dengan penjelasan visual berdasarkan topik, dan diiringi dengan audio, narasi, atau musik yang sesuai. Pada penggunaannya, video motion graphic sebagai salah satu media pembelajaran dikembangkan dengan tujuan memberikan pengalaman lebih dalam memahami materi sehingga produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media motion graphic video yang dapat diunduh dari youtube.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE dengan tahapan analisis, design, development, dan implementasi. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, angket atau kuisioner, dan tes pada mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media motion graphic pada materi penulisan naskah video termasuk media yang sangat baik dengan skor 89% dari ahli media dan 87% dair ahli materi serta termasuk media yang snagat praktis dengan skor respon 85,67%. Hal ini membuktikan bahwa pengembangan edia memenuhi aspek keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan melalui skor 64,7619 > 46,318 antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan motion graphic materi penulisan naskah video mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa. Saran yang dapat diberikan yakni, dalam penggunaan motion graphic video harus disertai dengan buku panduan atau penjelasan guna memperkuat pemahaman mahasiswa.
Kata kunci: Motion Graphic Vidio, Teknologi Pendidikan, Hasil Belajar
Learning media is needed to facilitate understanding of the material in the implementation of learning. Based on this, efficient and effective technology is needed for professional development. As one of the learning media, motion graphics are a combination of visual media elements that combine motion with graphic design, either in the form of 2 dimensions or 3 dimensions which are complemented by visual explanations based on topics, and accompanied by appropriate audio, narration or music. In its use, motion graphic video as a learning medium was developed with the aim of providing deeper experience in understanding the material so that the product produced in this study is in the form of motion graphic video media which can be downloaded from YouTube.
This study uses the ADDIE model development method with the stages of analysis, design, development and implementation. Data collection methods used interviews, questionnaires or questionnaires, and tests on Unesa Educational Technology undergraduate students. The results of the study show that motion graphic media in video script writing material is very good media with a score of 89% from media experts and 87% from material experts and is very practical media with a response score of 85.67%. This proves that media development fulfills the aspect of effectiveness to improve learning outcomes as indicated by a score of 64.7619 > 46.318 between the experimental class and the control class. From these results, it can be concluded that the development of motion graphics for video script writing material can improve learning outcomes for Unesa Educational Technology undergraduate students. Suggestions that can be given are, in the use of motion graphic videos must be accompanied by a guidebook or explanation to strengthen student understanding.
Keywords: Motion Graphic Video, Educational Technology, Learning Outcomes