Hasil evaluasi PISA tahun 2015 menyatakan performa siswa Indonesia dibidang matematika masih tergolong rendah. Siswa Indonesia hanya menempati peringkat 63 dari 69 negara. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa ialah penerimaan informasi menjadi pengetahuan yang bermakna. Pengetahuan dan keterampilan yang bermakna membutuhkan keterlibatan imajinasi di dalam proses pembelajaran. Imajinasi ialah visualisasi persepsi yang menghadirkan kemungkinan-kemungkinan tindakan, menghadirkan kesiapan untuk melakukan tindakan yang mungkin. Embodied cognition dari imajinasi ialah kemungkinan tindakan hasil dari imajinasi.
Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui embodied cognition dari imajinasi yang digunakan siswa dalam pemahaman konsep bentuk aljabar. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian melibatkan 3 siswa dengan gaya belajar visual, audio dan kinestetik. Data diperoleh melalui metode tes, wawancara dan observasi. Instrumen penelitian telah teruji validitas konstruk, validitas isi, validitas muka, validitas butir serta reliabilitasnya. Pengujian keabsahan data menggunakan kriteria berikut: 1) kredibitas: melalui triangulasi waktu dan kecukupan referensial; 2) dependabilitas: melalui audit penelitian oleh pembimbing; dan 3) konfermabilitas: melalui memperkuat kerangka teori, konsultasi hasil dengan pembimbing serta seminar hasil.
Hasil penelitian antara lain: 1) imajinasi yang digunakan untuk memahami konsep variabel, koefisien dan konstanta ialah visualisasi persepsi yang menghadirkan kemungkinan tindakan merepresentasikan wadah (kaleng, box, kotak, dll) suatu benda yang belum diketahui jumlahnya, merepresentasikan kofaktor dari variabel dan merepresentasikan jumlah dari benda yang telah diketahui sebagai konstanta. Embodied cognition dari imajinasi tersebut berupa gestur representasi langsung ataupun gestur representasi tidak langsung; 2) imajinasi yang dihadirkan pada proses lainnya ialah visualisasi persepsi yang menghadirkan kemungkinan tindakan memberi contoh bentuk aljabar atau kemungkinan tentang tindakan memberi contoh bukan bentuk aljabar atau kemungkinan tindakan mengidentifikasi persamaan atau kemungkinan tindakan menyebutkan variabel, koefisien dan konstanta. Embodied cognition dari imajinasi ini berupa gestur menulis dan gestur menunjuk. Utterance lain juga dihadirkan sebagai embodied cognition lain dari imajinasi yang diciptakan.
The results of the PISA evaluation in 2015 stated that the performance of Indonesian students in the field of mathematics was still relatively low. Indonesian students only ranked 63 out of 69 countries. The factors that influence student understanding are the acceptance of information into meaningful knowledge. Meaningful knowledge and skills require the involvement of imagination in the learning process. Imagination is a visualization of perceptions that presents possibilities for action, presents readiness to take possible actions. embodied cognition of imagination is the possibility of action as a result of imagination. The purpose of the research is to find out the embodied cognition of imagination that students use in understanding the concept of algebraic forms. This type of research is exploratory research with a qualitative descriptive approach. The study involved 3 students with visual, audio and kinesthetic learning styles. Data obtained through test methods, interviews and observations. The research instrument has been tested construct validity, content validity, face validity, item validity and reliability. Testing the validity of the data uses the following criteria: 1) credibility: through time triangulation and referential adequacy; 2) dependability: through a research audit by a supervisor; and 3) confermability: through strengthening the theoretical framework, consulting results with counselors and results seminars.
The results of the study include: 1) imagination used to understand the concept of variables, coefficients and constants are visualizations of perceptions that present the possibility of actions representing containers (cans, boxes, boxes, etc.) of an unknown number, representing cofactors of variables and representing quantities of objects that have been known as constants. Embodied cognition from the imagination is in the form of direct representation gestures or indirect representational gestures; 2) imagination presented in another process is visualization of perceptions that present the possibility of action giving examples of algebraic forms or the possibility of actions giving examples rather than algebraic forms or the possibility of actions to identify equations or possible actions to mention variables, coefficients and constants. Embodied cognition from this imagination is in the form of writing gestures and pointing gestures. Other utterances are also presented as another embodied cognition of the imagination created.