EDMODO SEBAGAI ALAT PENILAIAN ONLINE: UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA EFL
EDMODO AS ONLINE ASSESSMENT TOOL: TO IMPROVE EFL STUDENTS' READING COMPREHENSION
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penggunaan Edmodo sebagai alat penilaian online dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa tentang teks recount dalam e-learning. E-learning dianggap sebagai cara yang efektif untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa, terutama dalam aspek penilaian. Penilaian formatif merupakan bagian penting dari proses pembelajaran yang memungkinkan guru dan siswa melakukan evaluasi dan perbaikan. Penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test diterapkan dalam penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X SMA di Krian, Jawa Timur. Instrumen yang digunakan adalah pre dan posttest dalam bentuk tes objektif dan tes subjektif. Analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan pada SPSS 25. Interval kepercayaan dari selisih yang digunakan adalah 0.05. Oleh karena itu, jika nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa penilaian formatif online melalui Edmodo dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa Edmodo dapat berfungsi sebagai alat penilaian online untuk membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan pemahaman membaca mereka dalam e-learning. Diharapkan agar guru terus mencari platform alternatif untuk melakukan penilaian online untuk e-learning agar dapat mengikuti perkembangan teknologi modern.
The study's objective was to examine if using Edmodo as an online assessment tool can improve students’ reading comprehension of recount text in e-learning. E-learning is considered an effective way to facilitate a better learning experience for students, especially in the assessment aspect. Formative assessment is a critical component of education that enable teachers and students to evaluate and improve their performance. Pre-experimental research with one group pre-test and post-test was applied in this study. The participants in the study were 36 tenth-grade senior high students in Krian, East Java. The instrument was pre and post-test consisting of objective and subjective tests. A paired sample t-test in SPSS 25 was used to analyze the data. The confidence interval of the difference used is 0.05. Therefore, the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted if the value of Sig. (2-tailed) is less than 0.05. The result shows that online formative assessment through Edmodo can improve students’ reading comprehension skills. It is clear that Edmodo can serve as a prominent online assessment tool for students to assist them in improving their reading comprehension skills in e-learning. It is recommended teachers should continue to look for alternative platforms to conduct online assessments for e-learning to keep up with modern technological developments.