PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MITIGASI BENCANA BANJIR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN
THE DEVELOPMENT OF POP UP BOOK MEDIA FLOOD DISASTER MITIGATION TOWARDS 5-6 YEARS OLD CHILDREN'S ABILITY TO THINKING LOGICALLY
Banjir merupakan suatu peristiwa alam yang sering terjadi ketika musim penghujan. Di Mojokerto tepatnya di desa Tempuran terjadinya banjir diakibatkan oleh air sungai yang meluap dan kurangnya daerah resapan air di daerah Tempuran. Anak-anak merupakan korban yang paling rentan terkena dampak banjir ini akibat dari kurangnya edukasi tentang penyelamatan diri ketika bencana banjir tersebut terjadi. Maka edukasi sejak dini tentang mitigasi bencana banjir pada anak usia dini harus dikenalkan sebagai upaya menumbuhkan kesadaran siaga bencana sebagai upaya mengurangi resiko bencana. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan dan mendeskripsikan kemampuan berfikir logis mengenai mitigasi bencana banjir pada media pop up book untuk anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Desain uji produk pada peneitian ini menggunakan one group pretest dan posttest. Subjek penelitian ini menggunakan 30 anak di TK Negeri Pembina II Sooko Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan N-Gain. Hasil penilaian dari para ahli memperoleh 88,24% dari ahli media sedangkan dari ahli materi memperoleh skor sebesar 86,76%. Hasil efektifitas produk dari 30 anak sebesar 0,74 yaitu g ≥ 0,7 yang berarti nilai N-Gain yang diperoleh lebih besar sehingga media dinyatakan layak dan berpengaruh dalam memberikan pengetahuan mitgasi bencana banjir pada anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci : pop up book, mitigasi banjir, berfkir logis, anak usia dini
Flood is a natural event that often occurs during the rainy season. In Mojokerto, precisely in the village of Tempuran, flooding was caused by overflowing river water and the lack of water catchment areas in the Tempuran area. Children are the most vulnerable victims affected by this flood due to the lack of education about self-rescue when the flood disaster occurs. So early education about flood disaster mitigation in early childhood should be introduced as an effort to raise awareness of disaster preparedness as an effort to reduce disaster risk. The purpose of this study is to describe the development of flood mitigation pop up books for children aged 5-6 years. This type of research uses research and development methods or R&D (Research and Development) with the ADDIE development model. The subjects of this study used 30 children in TK Negeri Pembina II Sooko Mojokerto. Data collection techniques using questionnaires and observation. Data collection techniques using questionnaires and observation. The data analysis technique in this study uses N-Gain. The results of the assessment from the experts obtained 88.24% from the media experts while the material experts obtained a score of 86.76%. The product effectiveness of 30 children was 0.74, namely g ≥ 0.7 which means that the N-Gain value obtained was greater so that the media was declared feasible and influential in providing flood disaster mitigation knowledge to children aged 5-6 years.
Keywords: pop up book, flood mitigation, logical thinking, early childhood