Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Software Construct 3 sebagai Pendukung Mata Pelajaran Komputer Akuntansi di SMK Negeri 1 Lamongan
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 3 SEBAGAI PENDUKUNG MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Nama : Amaliya Inayati
NIM : 20080304012
Program Studi : S1 Pendidikan Akuntansi
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Rochmawati, S.Pd., M.Ak.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif dengan software Construct 3 sebagai pendukung Mata Pelajaran Komputer Akuntansi di SMK Negeri 1 Lamongan dan guna untuk mengetahui kelayakan media yang dibuat. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba multimedia interaktif dengan software Construct 3 ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 1 Lamongan. Hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif dengan software Construc 3 memperoleh penilaian dari ahli materi dengan presentase kelayakan sebesar 93,6% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian dari ahli media dengan presentase kelayakan sebesar 94,7% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan respon peserta didik setelah menggunakan multimedia interaktif mencapai 95,9% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Software Construct 3, Komputer Akuntansi
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA WITH CONSTRUCT 3 SOFTWARE AS A SUPPORT FOR COMPUTER ACCOUNTING SUBJECTS IN SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Name : Amaliya Inayati
Study Program : Accounting Education
Faculty : Economics and Business
Name of Institution : Surabaya State University
Supervising Lecturer : Rochmawati, S.Pd., M.Ak.
This research was conducted with the aim of developing learning media in the form of interactive multimedia with Construct 3 software as a supporter of Computer Accounting Subjects at SMK Negeri 1 Lamongan and to determine the feasibility of the media made. The development model used is ADDIE which consists of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The test subjects of interactive multimedia with Construct 3 software were students of class XI Financial Accounting at SMK Negeri 1 Lamongan. The results of this study are interactive multimedia with Construc 3 software obtained an assessment from material experts with a feasibility percentage of 93.6% which is included in the "Very Feasible" category, an assessment from media experts with a feasibility percentage of 94.7% which is included in the "Very Feasible" category, and students' responses after using interactive multimedia reached 95.9% which is included in the "Very Good" category.
Keywords: Interactive Multimedia, Construct 3 Software, Computer Accounting