Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa SMP yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent dalam memecahkan masalah geometri. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes Group Embedded Figures Test (GEFT), dan memiliki kemampuan matematika setara. Subjek penelitian terdiri atas dua siswa yakni satu siswa bergaya kognitif field independent dan satu siswa bergaya kognitif field dependent. Subjek penelitian dipilih berjenis kelamin perempuan dan berkemampuan matematika setara sesuai data yang diperoleh di lapangan agar terjadinya perbedaan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah geometri benar-benar disebabkan oleh perbedaan gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tugas pemecahan masalah dan wawancara. Untuk memeroleh data yang valid dilakukan triangulasi data, triangulasi data yang dilakukan adalah triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek menggunakan representasi matematis dalam mengungkapkan idenya untuk memecahkan masalah geometri dengan menggnakan langkah pemecahan masalah Polya: (a) memahami masalah (b) merancang rencana (c) melaksanakan rencana, dan (d) memeriksa kembali. Adapun representasi matematis subjek field independent dalam memecahkan masalah geometri nomor adalah: memahami informasi dan apa yang ditanyakan dalam representasi verbal dan simbolik, merancang rencana pemecahan masalah dengan representasi verbal, visual dan simbolik, melaksanakan rencana dengan representasi verbal dan simbolik, serta mengoreksi kembali dalam bentuk verbal dengan menghitung ulang. Sedangkan representasi matematis subjek field dependent dalam mengungkapkan idenya untuk memecahkan masalah geometri dengan cara: memahami informasi dan apa yang ditanyakan dalam bentuk gambar, menyusun rencana dalam bentuk verbal berupa kalimat, melaksanakan rencana dengan cara mensubstitusikan unsur-unsur yang diketahui ke dalam formula matematika serta mengoreksi kembali dengan melakukan perhitungan ulang dan menulis kesimpulan.
This research describing the mathematical representation of junior high school students who have field independent cognitive style and field dependent in solving geometry problems. Subjects were selected based on the test results of the Group Embedded Figures Test (GEFT), and had equivalent mathematical abilities. The subjects of the study consisted of two students namely one student in thecognitive style field independent and one student in thecognitive style field dependent. The research subjects were chosen as female and had mathematical abilities equivalent to the data obtained in the field so that the occurrence of differences in students mathematical representations in solving geometry problems was really caused by differences in cognitive styles. This study uses a qualitative method. Data collection techniques are carried out by providing problem solving assignments and interviews. To obtain valid data, data triangulation was carried out, data triangulation carried out was time triangulation.
The results showed that the subject used mathematical representation in expressing his idea to solve geometry problems by using Polyas problem solving steps: (a) understanding the problem (b) devising a plan (c) carrying out the plan, and (d) looking back. The mathematical representations of subject field independent in solving number geometry problems are: understanding information and what is asked in verbal and symbolic representations, devising a plans with verbal, visual and symbolic representations, carrying out the plan with verbal and symbolic representations, and looking back in the form of verbal by recalculating. Where as mathematical representations field dependent express their ideas to solve geometry problems by: understanding information and what is asked in the form of images, devising a plan in verbal form in the form of sentences, carrying out the plan by substituting known elements into mathematical formulas and looking back by recalculating and writing conclusions.