Dibentuknya OSIS di lingkungan sekolah, maka siswa dapat memperoleh banyak manfaat seperti pengalaman, mengembangkan semangat berprestasi, belajar bertanggung jawab, mengembangkan minat dan bakat, mengembangkan rasa percaya diri dan mampu menciptakan interaksi yang baik antar guru ataupun dengan sesama siswa. Melihat banyaknya manfaat dengan keberadaan OSIS maka pihak sekolah berharap siswa yang mengikuti kegiatan OSIS mampu meningkatkan semangat berprestasi siswa, baik prestasi dalam bidang akademis maupun non akademis. Siswa yang aktif berorganisasi dan mampu menjaga performa akademiknya harus memiliki kemampuan yang baik dalam manajemen waktu, yaitu mengatur waktu yang seimbang untuk kegiatan akademik dan kegiatan berorganisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa berorganisasi dan kemampuan manajemen waktu dengan perilaku belajar. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Subjek penelitian berjumlah 180 siswa yang menjadi anggota OSIS di SMA Negeri Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini skala keaktifan siswa berorganisasi, skala kemampuan manajemen waktu dan skala perilaku belajar. Teknik analisis data menggunakan product moment untuk mencari hubungan secara parsial, dan analisis data korelasi berganda untuk mencari hubungan secara simultan. Hasil analisis antara keaktifan siswa berorganisasi dengan perilaku belajar diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,178 dengan signifian sebesar 0.017. Hasil antara kemampuan manajemen waktu dan perilaku belajar diperoleh korelasi 0,399 dengan signifikansi sebesar 0,000. Kemudian hasil analisis keaktifan siswa berorganisasi dan kemampuan manajemen waktu dengan perilaku belajar menunjukkan koefisien korelasi 0,403 dengan signifikansi sebesar 0,000. Nilai koefisien menunjukkan arah positif. Artinya semakin tinggi siswa aktif berorganisasi dan kemampuan manajemen waktu maka perilaku belajar siswa juga tinggi.
Kata kunci : organisasi, manajemen waktu, perilaku belajar.
The formation of student council in the school environment, students can get many benefits such as experience, develop the spirit of achievement, responsible learning, develop interests and talents, develop confidence and be able to create good interactions between teachers or with fellow students. Seeing the many benefits with the presence of the student council, the school hopes that students who take part in student council activities can increase student achievement spirit, both academic and non-academic achievements. Students who are active in organizing and able to maintain their academic performance must have good skills in time management, ie managing a balanced time for academic activities and organizational activities. The purpose of this study was to determine whether there is a significant relationship between student activeness in organization and time management skills and learning behavior. This type of research is quantitative research with a correlational research approach. The study subjects numbered 180 students who became members of the Student Council at Surabaya State High School. The instrument used in this study was the scale of student activity in organization, the scale of time management abilities and the scale of learning behavior. Data analysis techniques use product moments to look for relationships partially, and multiple correlation data analysis to look for relationships simultaneously. The results of the analysis between the activeness of students in organizing learning behavior obtained by the correlation coefficient of 0.178 with a significance of 0.017. The results between time management ability and learning behavior obtained a correlation of 0.399 with a significance of 0,000. Then the results of the analysis of students' activeness in organization and time management ability with learning behavior showed a correlation coefficient of 0.403 with a significance of 0,000. Coefficient values indicate a positive direction. This means that the higher the student is actively organizing and time management abilities, the higher the student's learning behavior.
Keywords: organization, time management, learning behavior