Kesehatan adalah kebutuhan dasar dan hak setiap
individu, mencakup kesejahteraan fisik, mental, dan sosial. Kesehatan sejak
dalam kandungan hingga dewasa menentukan masa depan, dimulai dari keluarga
sebagai unit terkecil masyarakat. Pandemi Covid-19 telah berdampak
signifikan pada kesehatan, termasuk di Provinsi Jawa Timur, mengakibatkan
perlambatan pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2020, IPM
Jawa Timur mencapai 71,71, tumbuh 0,21% dibanding tahun sebelumnya, namun lebih
lambat dari pertumbuhan 0,73% pada tahun sebelumnya (BPS, 2020). Pandemi ini
menunjukkan bahwa banyak keluarga di Indonesia, termasuk di Jawa Timur, berada
dalam kondisi rentan. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Provinsi Jawa
Timur melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana mengembangkan layanan online
Website Siap Bahagia, bertujuan meningkatkan cakupan dan kualitas
layanan konsultasi keluarga serta menyediakan informasi program Bangga Kencana.
Masyarakat dapat melakukan konsultasi online gratis melalui website ini.
Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif
ini fokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas layanan berbasis website ,
mencakup kinerja, informasi, dan ekonomi. Analisis data meliputi pengumpulan,
reduksi, penyajian, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Website Siap Bahagia belum berjalan efektif. Jumlah pengunjung masih
sedikit karena kurangnya sosialisasi dari BKKBN Provinsi Jawa Timur. Respon
konselor lambat dan sering terjadi gangguan pada website sehingga terjadi
penurunan jumlah pengunjung. Artikel di website kurang bervariatif dan jarang
diperbarui, sehingga tidak memenuhi kebutuhan mereka dalam mendapatkan
informasi yang relevan dan terbaru. Dari segi ekonomi anggaran yang
dikeluarkan mencakup konselor, biaya hosting , maintenance ,
laptop, ponsel, dan wifi. Namun, website ini memberikan manfaat bagi
masyarakat karena dapat dijangkau secara online dan tanpa dikenakan
biaya. Peneliti menyarankan agar BKKBN Provinsi Jawa Timur lebih mengoptimalkan
sosialisasi tentang Website Siap Bahagia, meningkatkan keamanan website
untuk menghindari gangguan, mempercepat respon konselor terhadap keluhan
masyarakat, dan memperbarui konten artikel secara rutin.