Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di UPT SDN 337 Gresik
School Principal's Strategy In Implementing The Independent Curriculum At UPT SDN 337 Gresik
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Strategi Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dengan teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini adalah di UPT SDN 337 Gresik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dengan memberikan pengarahan dan pemahaman kurikulum Merdeka kepada guru. (2) Strategi pelaksanaan yang dilakukan kepala sekolah dengan melakukan Kerjasama Bersama komite, memberikan arahan seta bimbingan kepada guru sehingga guru dapat secara baik melaksanakan pembelajaran menggunakan kurikulum Merdeka. (3) Strategi evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah yakni dengan melaksanakan supervisi dan perbaikan secara berulang.
Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka
This research aims to explore the School Principal's Strategy in Implementing the Independent Curriculum. The approach used in this research is a qualitative approach with phenomenological methods. Data was collected through interviews, observation, and documentation studies, with data analysis techniques including data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The location of this research is at UPT SDN 337 Gresik. The results of the research show that (1) The planning strategy carried out by the school principal is to provide direction and understanding of the Merdeka curriculum to teachers. (2) The implementation strategy carried out by the school principal is by collaborating with the committee, providing direction and guidance to teachers so that teachers can properly implement learning using the Merdeka curriculum. (3) The evaluation strategy carried out by the school principal is to carry out repeated supervision and improvement.
Keywords: Strategy, Principal, Independent Curriculum